Advertisements

The world has mourned..

The world has mourned..NM

Ironis, saat anggota keluarga kerajaan Inggris, Pangeran William dan Kate Middleton, beserta kedua putri Mandela, ketika menyaksikan film tentang kisah hidupnya, Mandela: A Long Journey To Freedom, Nelson Mandela, justru menghembuskan napas terakhirnya. Pejuang kemanusiaan yang berkat usahanya berhasil menghapuskan politik apartheid  “pemisahan ras kulit putih dan kulit hitam” di Afrika Selatan,  akhirnya harus menyerah kalah pada infeksi lambung kronis  pada 5 desember lalu. Sontak seluruh dunia berduka, karena sekali lagi kita harus kehilangan manusia istimewa yang berhasil membuat miracle of change.

Jatuh Cinta Pada Batikklk

Di tahun 1990, Nelson Mandela yang waktu itu mengunjungi Indonesia bertemu dengan mantan presiden Soeharto. Pada kesempatan itu, pemerintah kita menghadiahi Mandela baju batik dan menjelaskan secara singkat cara pembuatannya. Bahwa kesabaran dan keharmonisan yang dibutuhkan saat pembuatan batik sangat melambangkan kepribadian Mandela. Sejak saat itu Mandela sering sekali mengenakan baju batik pada acara-acara resmi sampai sidang PBB, sampai-sampai masyarakat Afrika Selatan menyebut baju batik sebagai “Madiba’s Shirt”.   Madiba adalah salah satu nama Nelson Mandela yang diambil dari nama marga dalam sukunya, Xhosa.

xsd

Nelson Mandela sering mengenakan batik, baju khas Indonesia. Bahkan mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengatakan bahwa Nelson Mandela lebih berjasa memperkenalkan batik ke seluruh penjuru dunia dibandingkan orang Indonesia.

Dicintai Semua Orang

Satu hal lainnya yang membuat Nelson Mandela menjadi tokoh kemanusiaan yang berhasil menginspirasi begitu banyak orang di dunia adalah kebesaran hatinya. batikKekuatan dan kesabarannya mungkin mampu membuat begitu banyak orang menjadi berani untuk bangkit memperjuangkan apa yang mereka percayai, tapi kemampuannya untuk memaafkan pemerintah yang telah memenjarakannya selama 27 tahun dan bersama-sama saling membantu untuk membangun Afrika Selatan adalah satu hal lain yang bahkan belum tentu mampu dilakukan oleh pemimpin terhebat lainnya sekalipun.

So long, Madiba… You unforgettable for us…Rest in peace…(Sumber Gambar : Mandela Foundation) hulssay.

Advertisements

Posted on December 30, 2013, in Infotaiment. Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: