Advertisements

Yakin Mobil Loe Boros..??? Hemat Dengan Cara Menyetir Berikut..!!!

Hello semuanya..

Mobil loe boros, yakin..?? coba deh periksa cara mengemudi loe, bisa jadi beberapa hal sepela di bawah ini jadi penyebanya..

cara mengendarai mobil yang hemat bensin

1. Kelebihan Beban

Hemat bensin gag melulu bergantung pada spesifikasi mesin loh, nyatanya kelebihan beban bisa jadi factor yang sepele tapi perlu diperhati’in, mulai sekarang loe harus milih barang apa aja yang penting di dalam mobil, jangan masukin kulkas atau benda berat lainnya ya friend’s..hehe.. Turunkan barang yang gag dibutuhkan, karena semakin ringan bobot kendaraan, semakin ringan pula mesin yang bekerja. Sehingga penggunaan bensin jadi lebih irit.

2. Ban kempes

Jangan pernah malas untuk cek angin minimal sebulan sekali. Selain beresiko meletus saat dikendarai,.. ban kempes juga rupanya membuat mesin perlu tenaga ekstra untuk memutar ban. Tenaga ekstra tersebut tentu membutuhkan asupan bensin yang gag sedikit.

3. AC selalu paling dingin

Konsumsi BBM ternyata bisa meningkat dengan pemakaian AC (Air Conditioner) yang berlebih. Sebaiknya kurangi dayanya bila ingin hemat bensin. Kalo perlu pake AC alami ajah (AC:Angin Cendela) hehe.. Jangan lupa mengecek kondisinya di bengkel resmi ya, agar AC terawat dan selalu dingin.

4. Malas matikan mesin saat menunggu lebih dari 3 menit

Jangan ragu untuk mematikan mesin mobil ketika tidak melaju, misalnya aja saat lampu merah atau menunggu di parkiran. Sebab, mobil berhenti dengan mesin menyala antara 5-10 menit akan memakan bensin hingga 5%.

5. Tak manfaatkan aplikasi penunjuk jalan

Manfaatkan jalan tikus, hindari kemacetan dengan berangkat lebih awal atau cari jalan terdekat, karena hal ini bakal membantu menghemat bahan bakar, karena dapat mengurangi pemakaian rem dan gas yang boros saat terjebak macet.

6. Memanasi mobil terlalu lama

Manasin mobil emang penting, tapi ternyata hal ini termasuk aksi yang paling boros BBM. ^jlebb..gue sering ngelakuinnya. Be wise dalam melakukan hal ini karena sesungguhnya aktivitas ringan ini dilakukan hanya saat kita ingin menempuh jarak jauh aja.

7. Mendengarkan musik dengan beat yang cepat saat menyetir

Kadang suka gag sadar, biasa kebawa arus lagu, apalagi buat yang doyan karaoke di jalan, wkwkwk.. Musik yang keras ternyata bisa bikin kita nyetir jauh lebih cepat dan mengerem lebih mendadak..wah..horor nih.. Permainan gas yang terlalu ekstrim bisa membuat konsumsi bensin jadi lebih poll. Jadi, bila ingin hemat, coba deh dengarkan musik yang lebih easy listening. Contohnya album kompilasinya Hulssay..wkwkkw..

8. Gak paham engine brake

Ragu-ragu untuk mencoba engine brake saat mengemudi ?? Jangan lagi ragu friend’s..Engine brake sendiri adalah teknik pengereman dengan menggunakan kekuatan mesin yang dapat dilakukan dengan mengurangi persneling secara bertahap, mulai dari gigi 3, 2, kemudian 1. Konsumsi BBM pun bisa dihemat karena aksi ini akan menghentikan suplai bahan bakar.

9. Suka ngebut VS jalan seperti siput.

Usahakan untuk tidak mengemudi mobil dengan kecepatan yang sangat tinggi atau sebaliknya. Yang sedang-sedang aja yah.. Mengemudi dengan kecepatan tinggi hingga 110 km/jam bisa mengurangi 25% BBM lebih banyak sedangkan jika mobil melaju dengan kecepatan sekitar 20 Km/jam bisa menambah pemborosan hingga 30%.

hemat bensin dengan cara mngemudi berikut

Hayo-hayo yang punya kebiasaan kaya diatas, yukk..mulai skarang dirubah..biar makin irit bensin dan mobil jadi lebih terawatt..!!!

 

Inspiring & Pict By : Chick-m.autobild.co.id-oto.detik.com

Advertisements

Posted on June 25, 2014, in Man Corner, Special Section, Women Corner. Bookmark the permalink. 48 Comments.

  1. harus bisa jaga emosi, karena tingkat stress memakai mobil jauh lebih besar dari pada sepeda motor 😀

    Like

  2. Wah jadi gak boleh pelan to…

    Like

  3. mobil gw boros tapi kenceng..so i wont complaint 😀

    Like

  4. brigade jalan raya

    jika gear manual ga suka ganti gear. gear 2 mulu yang dipakai. xixi. hayooo siapa itu.

    Like

  5. suka main akselerasi ndadak 😀

    Like

  6. aku sih slow, lha mobile nggone PT og, aku gak mbensini…
    hahaaa….

    Like

  7. ga punya boil 🙂

    Like

  8. Kalo nunggu 3 menit itu simalakama cyin. Soalnya kalo dimatiin trus tiba tiba cuma bentar udah balik, kasian akinya. Syukur syukur punya mazda cx5 yang idah ada idling stopnya 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: