Lampu Fanus Jadi Tradisi Ramadan Di Mesir

Hello everybody..

ramadan di mesir-fanusWalau hari raya lebaran udah lewat tapi aura lebaran masih kerasa banget ya, masih banyak yang pada liburan juga, buat yang udah mulai aktifitas, tetep semangat ya..

Walau udah lewat gag ada salahnya deh kita bangun lagi suasana lebaran dengan ngintip persiapan lebaran di Negara Mesir. Mesir punya tradisi yang unik, biasanya jelang Ramadan, warga Mesir akan memasang lampu fanus. Gak tanggung-tanggung para warga Mesir bahkan siap merogoh kocek hanya untuk menghiasi jalanan dengan lampu fanus. Karena itu hampir seluruh warga Mesir sibuk berbelanja fanus jelang Ramadan.

tradisi ramadhan di mesir-lampu fanus

Sejarah lampu Fanus sendiri dimulai ketika masyarakat Mesir keluar membawa lampu untuk menyambut kedatangan pasukan Raja Muidz Lidznillah di zaman Dinasti Fatimiyyah. Peristiwa itu terjadi di malam bulan Ramadan, sampai sekarang sejarah menyalakan dan menghias lampu di jalanan menjadi tradisi yang masih berlangsung sampai sekarang di Mesir.

Fanus sendiri mengandung sebuah filosofi, selain sebagai ungkapan kegembiraan akan tibanya bulan Ramadan, Fanus juga melambangkan sumber cahaya, yang kehadirannya diibaratkan sebagai lampu penerang dalam kehidupan kita, sama halnya dengan bulan Ramadan. Setelah sekian lama bergelut dengan kesibukan yang kadang mengaburkan pandangan kita. Kemudian datanglah “lampu Ramadan” atau “Fanus” yang bakal mengawal langkah kita menuju jalan yang lebih terang, dalam bahasa Al-Qur’an disebut dengan nama “Taqwa.”

Wah pasti jalanan di mesir bakal keren banget, tertarik buat Holiday ke Mesir saat Ramadan, jangan lupa ajak-ajak Hulssay..wkwkwk..

 

Inspiring & Pict by – Chick-Nunalifnunalif.blogspot.com-Familyholiday.net

Posted on July 31, 2014, in Man Corner, Special Section, Women Corner. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. nais inpo sis

    Like

  2. Unik ya? kayaknya cocok juga dijadikan lampu taman 🙂

    Like

Leave a comment