Tips Jitu Negosiasi atau tawar menawar Harga! (part 1)

Selamat pagi sobat sebarkan, bagaimana kabar-nya?semoga baik-baik saja, kali ini penulis ingin share atau berbagi sesuatu yang sangat berguna, dan sering kita butuhkan di kehidupan sehari-hari, apa itu?? tips dan trik negosiasi! Tips negosiasi ini sangat diperlukan oleh semua orang dalam setiap aspek kehidupan, mulai dari ibu-ibu dipasar yang ingin menawar harga cabe-cabean lombok, para buruh yang ingin menegosiasikan gaji, sampai Para pengusaha yang ingin mengeksport produk-nya ke luar negeri!

bahkan ada istilah Menguasai seni negosiasi, mampu merubah karier dan masa depan anda!!

Ini dia ke enam seni negosiasi jitu dan dahsyat itu!

Berjabat-tangan-300x226

1. Mintalah lebih dari yang kita harapkan!

Misalkan, ada seseorang yang menjual mobil dengan harga 100 juta, sobat sebarkan merasa harga itu sudah pantas, dan cukup murah, tapi mintalah untuk menurunkan harga-nya lagi, mungkin 90 juta, hal inilah yang dimaksud meminta lebih dari yang diharapkan!

ada lima alasan kenapa sobat harus meminta lebih dari yang diharapkan

  1. Sobat mungkin mendapatkan-nya, kemungkinan itu selalu ada dan menyenangkan bukan?
  2. Memberi ruang gerak untuk melakukan negosiasi, atau tawar menawar. seperti contoh diatas bisa saja deal terjadi di antara angka 90-100 juta, memberi kita ruang gerak untuk menawar.
  3. mencegah negosiasi menjadi deadlock.
  4. Membuat suasana, dimana pihak lawan juga merasa bahwa ia menang, karena berhasil mempertahankan negosiasi!
  5. Semakin anda meminta lebih, maka semakin banyak yang bisa anda peroleh.

2. Jangan pernah mengatakan ya untuk tawaran pertama

Misalkan Suatu kali ada teman kita yang ingin membeli motor kita, dia menawar dengan harga 10 juta, kita menjadi terkejut!! karena sudah hampir 6 bulan kita ingin menjual Motor itu dengan harga 9 juta gak laku-laku, malahan makelar-makelar pada menawar 7 jutaan, untuk motor kita tersebut, dalam posisi ini, kita tentu tergoda untuk langsung menyetujui tawaran teman kita ini, Oke saya terima, besok saya bawa surat-suratnya, kita tergoda untuk mengatakan itu.

Tapi dari prinsip ini jangan pernah menerima tawaran pertama, kenapa?? karena teman anda tentu akan merasa ada sesuatu yang tidak beres, dan merasa tertipu, akhir-nya bisa saja dia mencari-cari alasan, tiba-tiba butuh uang buat berobat neneknya yang jatuh dari pohon, atau kucing kesayanganya butuh biaya operasi karena menelan obeng wkwkwkw! dan negosiasi akhir-nya menjadi batal!!

sebalik-nya buatlah seolah-olah anda tidak ingin menjual motor anda, tapi ijinkan teman anda mencoba motor anda, sambil memberikan informasi kelebihan motor anda, motor ini gak pernah rewel, pernah dipakai bonceng raisya lho (gak penting banget!)

hal ini akan membuat minat untuk membeli motor sobat, lebih tinggi, dan saat terjadi deal, dia merasa menang, WIN WIN SOLUTION, menurut dia wkwkwkwkwk.

3. tampakkan reaksi terkejut

Saat kita membeli barang, dan mendengar harga-nya, penjual akan melihat ekspresi kita, jika kita tampak datar, mereka akan lebih keras dalam mempertahankan harga, tapi sebalik-nya tunjukkan ekspresi terkejut, dan tergunjang, sedikit lebay!

Secara psikologis, penjual akan lebih lunak saat terjadi proses tawar menawar!

hal ini merupakan pengalaman pribadi penulis, saat ingin membeli sesuatu, walau sudah ada bandrol di produk-nya penulis masih sering tergoda untuk menawar (meminta lebih dari yang diharapkan tips pertama) lalu membuat ekspresi terkejut, sambil bergumam “mahal banget!” dan ajaib!! penulis sering mendapatkan potongan harga yang cukup tinggi, dari sesama teman-teman yang juga pergi berbelanja, dengan barang yang sama!!

BERSAMBUNG

 

 

 

 

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan

Posted on December 9, 2015, in Career, Come On Share and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 10 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: