Advertisements

Berawal Tulisan Blogger Ini Dituntut 1,4 M

image

Kali ini berita datang dari Singapura. Hati-hati jadi blogger di Singapura, Roy Ngerng contohnya, yang telah digugat PM Lee Hsien Loong atas tudingan fitnah.

Akibat tulisannya Roy yang juga seorang aktivis ini, harus membayar uang kerugian sebesar SGD 150 ribu atau setara Rp 1,4 miliar kepada Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Sebenarnya apa yang sudah ditulis Roy Ngerng ?? Rupanya Roy dianggap mengimplikasikan keterlibatan PM Lee dalam penyelewengan pengelolaan dana dalam skema tabungan pensiun. Seperti dilansir Reuters, Kamis (17/12/2015).

Sebelumnya PM Lee pernah mengugat media asing atas tudingan yang sama, namun ini baru kali pertama PM Lee menggugat seorang blogger.

image

Dalam putusannya, hakim Lee Seiu Kin menyatakan Ngerng telah melakukan tindakan yang didasari kedengkian. “Dia telah menyebut penggugat sebagai pencuri ketika apa yang dia ingin lakukan adalah mengkritik kebijakan CPF dari pemerintah yang dipimpin oleh penggugat,” sebut hakim dalam putusan tertulis yang dilihat Reuters.

CPF merupakan kependekan dari Central Provident Fund yang memiliki program tabungan keamanan sosial untuk warga lanjut usia.

“Dia (Ngerng) tidak memiliki dasar untuk menyebut penggugat sebagai pencuri dan hal itu sangat tidak diperlukan untuk tujuan mengkritik kebijakan CPF,” tegas hakim Lee.

Secara terpisah, Ngerng enggan mengomentari vonis ini ketika dihubungi via email. Namun melalui akun Facebook-nya, dia menyatakan masih akan berdiskusi dengan pengacaranya untuk membahas langkah selanjutnya.

“Saya berusaha melanjutkan hidup saya. Hal yang lebih penting bagi saya, ialah bahwa kita melakukan apa yang kita yakini dan menjadi hasrat kita, dan bekerja keras menjadi orang yang jujur,” tulisnya.

Keras juga ya hukum di Singapura, hanya karena menuduh pemerintah mencuri bisa dapat denda sebesar itu. Bagaimana dengan Indonesia ?? Pemerintah kita tentunya cukup sabar menanggapi kritik pedas serta berbagai hinaan dari masyarakatnya yang beredar luas di media sosial..SALUT..
Kalo menurut sobat semua gimana nih..??

 

Sumber : Detik & Reuters

 

Advertisements

Posted on December 18, 2015, in Hot News and tagged , , . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. mirip indonesia jaman orba..
    sebelum adanya reformasi dan kebebasan pers..

    Like

  2. Itu udah dibayar dendanya? padahal di singapore yang katanya benteng demokrasi ya…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: