Tips Buat Esai Meyakinkan & Lamaran Diterima

image

Cari tahu jenis beasiswa udah, (Baca disini : Jenis-Jenis Beasiswa) sampai lembaga beasiswanya udah penulis bocorin. (Baca disini : Lembaga Penyedia Beasiswa part 1) (part 2) Apa lagi ya yang kurang..?? Ahaaa..ESAI, esai sangat penting nih sobat. Ingin lamaran diperhitungkan ?? Ikutin tips & trick berikut..!!

CERITAKAN DIRI & PENGALAMAN
Ceritakan dirimu, kegiatan serta prestasi gemilang yang udah pernah kamu buat. Keaktifan kamu di organisasi jadi poin penting loh. Tapi semua kegiatan sobat harus yang relevan sama rencana kuliah.

PUNYA ALASAN YANG JELAS
Ceritakan dengan jelas alasan dan tujuan sobat untuk kuliah. Mulai dari jurusan, kenapa memilih universitas tersebut sampai kenapa sobat harus memilih negara tersebut untuk study. Dengan menjelaskannya secara rinci bakal ketahuan deh, siapa yang serius pengen kuliah sampai yang cuma sekedar ikut-ikutan aja.

image

CITA-CITA YANG JELAS & REALISTIS
Sobat harus tahu benar apa yang ingin sobat capai setelah lulus kuliah. Jangan buat cita-cita yang mengada-ada seperti jadi superman atau sailormoon. :mrgreen:
Contohnya : Sobat pengen jadi guru untuk membahagiakan orang tua, nggak salah sih tapi sobat harus kasih alasan yang lebih terarah dan terkontribusi. Tulislah jadi guru seperti apa yang sobat inginkan, permasalahan pendidikan seperti apa yang bakal kamu selesaikan dan pecahkan di masyarakat, apa yang akan kamu ajarkan ke murid-murid jika sobat lulus nanti, buat sebuah gebrakan atau inovasi.

DATA & FAKTA JADI NILAI TAMBAH
Mahasiswa penerima beasiswa biasanya bukan hanya terletak pada kecerdasannya. Tapi pada inovasinya. Nah inovasi nggak akan terwujud tanpa data dan fakta. Jadi nggak ada salahnya sobat melakukan survei di lapangan lebih dulu, tambahkan bukti-bukti foto atau gambar yang akurat yang bisa jadi poin plus buat sobat.

RAPI, SINGKAT & PADAT
Ini sebuah keharusan, jangan sampai curhat di dalam esai, kalian lagi bikin esai bukan cetak surat kabar. :mrgreen:

CERMAT BERBAHASA INGGRIS
Jika esai yang diminta dengan bahasa Inggris, tulislah dengan baik dan benar. Hindarkan copy-paste punya orang. Minta bantuan teman yang lebih fasih bahasa Inggris juga boleh, yang penting hindari meng-copy milik orang. Buat esai yang masuk akal jangan sampai TOEFLnya biasa aja eh esainya sempurna banget. Ingat semuanya harus seimbang. Baca berkali-kali dan buat dengan pilihan kata terbaik. Selamat mencoba sobat…!!!

Posted on January 1, 2016, in Come On Share, Special Section and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. hmmm jadi bahan referensi banget nih thx mas salam dari dapurtips.com hehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: