Advertisements

Cegah Nyamuk Dengan 6 Bahan lotion Alami Ini!!

Meningkatnya kasus Zika dan DBD makin mengkhawatirkan, kasusnya muncul di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan adalah melindungi diri dari gigitan nyamuk.

image

Jika sobat harus melakukan perjalanan daerah yang rawan nyamuk, The Centers for Disease Control and Prevention, memberi tips agar tidak terserang kedua penyakit diatas :

1. Kenakan pakaian yang mampu melindungi kulit.

2. Tinggallah di dalam rumah selama puncak aktivitas nyamuk yaitu subuh dan senja.

3. Gunakan penolak serangga. Bisa berupa semprotan ataupun lotion.

“Lotion anti nyamuk mengandung bahan aktif, seperti DEET dan picaridin, yang telah terdaftar di EPA, dianggap aman bagi ibu hamil dan menyusui,” kata CDC dalam situsnya.

Walau begitu, kita perlu hati-hati untuk pemakaian yang terlalu sering.

“Kita harus ingat bahwa DEET tetaplah pestisida dan pestisida sudah pasti beracun,” lanjut Matthew Brennecke, dokter naturopati di Rocky Mountain Wellness Clinic di Fort Collins, Colorado.

“Meskipun jumlah DEET diterapkan pada losion nyamuk relatif kecil, tetap akan membuat semacam beban beracun untuk janin, yang mungkin tidak menunjukkan efek apapun pada awalnya, tetapi di kemudian hari dapat menjadi bagian dari akumulasi racun, baik pestisida, logam berat, dan lainnya yang bisa menjadi masalah yang mungkin hadir. ”

Kalo begitu mulailah beralih sama bahan alami yang aman banget digunakan, selain wangi khasiatnya juga nggak kalah sama lotion nyamuk.

image

Minyak Sereh
Minyak dari tanaman sereh ini, Bekerja efektif bila dioleskankan dengan jumlah yang memadai. Saran dari para ahli gunakan minyak sereh dengan kualitas tinggi, karena minyak sereh buatan tidak bekerja sebaik yang alami atau bu
atan rumah.

Minyak Kedelai
Minyak ini efektif mengusir serangga. Pemakaiannya harus lebih sering karena minyak kedelai hanya bertahan 1 jam saja.

Minyak lemon
Minyak lemon eucalyptus adalah minyak nabati yang berasal dari daun pohon citriodora eucalyptus yang mengandung bahan kimia alami sebagai penolak nyamuk. Minyak ini jadi favorit para ahli karena punya perlindungan yang tahan lama dibandingkan dengan produk alami lainnya. Perlindungan dari serangga bisa bertahan hingga dua jam lebih sehingga pemakaiannya tidak perlu sesering produk sereh.

Minyak lavender
Minyak ini telah digunakan sebagai pengusir serangga dan nyamuk selama berabad-abad. Di masa lalu, minyak lavender digunakan untuk melindungi pakaian dari ngengat dan gangguan serangga lainnya.

Disarankan untuk mencampurnya dengan minyak lain sehingga tidak mengiritasi kulit karena kandungannya yang tajam.

Minyak rosemary
Minyak rosemary, yang diekstrak dari daun rosemary, masuk dalam beberapa pilihan penolak serangga alami.

Sayangnya, harga minyak alami ini relatif lebih mahal dari yang lain.

Minyak Kayu Cedar
Kalo minyak rosemary terkesan mahal ada pilihan lain dengan harga yang lebih bersahabat ialah cedar bark oil atau minyak kulit kayu cedar.

Minyak esensial ini berasal dari dedaunan, kayu, dan akar pinus atau cemara. Seperti minyak lainnya minyak cedar harus sering digunakan agar lebih efektif menolak nyamuk.

Sumber : Kompas

Advertisements

Posted on February 10, 2016, in Beauty & Health, tips and trick and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 14 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: