Advertisements

Polisi Berhasil Gerebek Jajanan Sekolah Berbahan Dasar Wafer Kadaluwarsa

image

Polda Jatim berhasil menggerebek rumah produksi makanan ringan wafer cokelat di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (31/3/2016).

Rumah produksi ini membuat jajanan tak layak konsumsi, dengan memanfaatkan bahan kadaluwarsa sebagai bahan bakunya. Makanan ringan yang dikemas dengan pembungkus bergambar tokoh kartun Upin dan Ipin tersebut sudah diedarkan di sekolah-sekolah di wilayah Sidoarjo, Mojokerto dan Pasuruan, tiga tahun terakhir. Jajanan tersebut dipasarkan dengan merek Kado Kabinet (KK), Ea Concom (EaC), dan Salut (S).

Dalam pemeriksaan, usaha tersebut tidak dilengkapi izin usaha, izin edar, izin BPOM dan sertifikat halal dari lembaga yang kompeten.

“Ini bahaya, karena konsumen yang disasar adalah siswa sekolah SD,” kata Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Nurrachman.

Produsen makanan tersebut menggunakan ampas wafer kering yang didapat dari sejumlah pabrik di sekitar Sidoarjo. Setelah dicampur cokelat, ampas wafer tersebut diolah dan dikemas lagi menjadi jajanan yang menarik perhatian siswa SD.

“Ada hadiah uangnya juga di dalam kemasan jajanan itu,” tambahnya.

Selain mengamankan pemilik usaha, HI (39), di rumahnya di Desa Tanjekwage, Kecamatan Krembung, polisi mengamankan sejumlah peralatan produksi dan bahan baku seperti peralatan mesin pemanas cokelat, puluhan karung wafer dan cokelat batangan.

Atas tindakannya pelaku kini dijerat Pasal 62 dan 8 ayat (1) UU Perlindungan Konsumen serta Pasal 142 UU Pangan, dengan ancaman hukuman paling lama lima tahun penjara.

Sumber : Kompas

Advertisements

Posted on April 1, 2016, in Hot News and tagged , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: