Advertisements

Memulai Bisnis dengan blogging?!!why not!

Halo friends, kali ini team sebarkan, mau membagikan tips bagaimana mengembangkan usaha bermodal blog! kenapa lewat blog? karena lewat blog ini salah satu pemasaran yang cukup efektif, mudah digunakan tidak “njelimet” mesti ngerti bahasa alien pemrograman, dan sifatnya yang memungkinkan interaksi antara blogger dan pembaca, memungkinkan blog lebih powerfull! selain itu blog lebih murah dan efisien, tidak perlu budget yang sangat besar untuk membuat sebuah blog!

hero-blogger

Bagaimana sebuah blog bisa menjadi alat yang powerfull dalam berbisnis?? berikut kami berikan simulasi-nya!

Nyonya Victoria beckham, gemar memasak, dia juga memiliki resep rahasia kue yang sangat enak, yang turun temurun diwariskan oleh keluarga-nya! Nyonya Victoria ingin sekali membantu ekonomi keluarga-nya paska bapak Beckhamp yang terkena PHK di pabrik pakan ternak dekat rumah-nya.

Nyonya victoria pun mulai membuat kue dan dipasarkan dari mulut kemulut ke tetangganya, dan ternyata kue-nya cukup laris dan Victoria mulai mempekerjakan tetangganya untuk membuat kue, ada keinginan dari Victoria untuk membesarkan lagi bisnis-nya tapi tentu saja kendala modal menjadi masalah-nya, untuk mengkontrak tempat usaha butuh modal, untuk pasang iklan juga mahal bingit, seperempat halaman koran nasional saja sudah tembus ratusan juta, duit dari mana wkwkwk.

Beruntung suaminya Mr. Beckhamp sedikit mengerti mengenai dunia blogging, dan sempat membuat blog walau isinya hanya sekedar curhatan galau semata!

Victoria dan beckhamp pun membuat blog dan mulai mengisi artikel didalam blog tersebut, judul artikelnya dibuat semenarik mungkin berisi tips-tips yang banyak dibutuhkan para pembaca, seperti membuat kue cepat 10 menit, tips 3 kue enak yang mudah dibuat, kue-kue untuk lebaran, dll.

Di akhir artikel tidak lupa Mr victoria melakukan soft selling, dengan memberikan contact person jika pembaca ingin membeli kue dan tidak repot untuk membuat sendiri!

dari situ Mr Victoria pun kebanjiran order!!

 

cerita diatas memang hanya fiktif belaka friends, tapi diambil dari kisah nyata yang sudah dibuktikan oleh banyak sekali orang yang sukses mengembangkan bisnisnya lewat blogging!

BAIRUINDRA

Lalu bagaimana tahapan agar sebuah bisnis itu bisa sukses dengan blogging?? dan bagaimana cara-nya menghasilkan uang lewat blog!

Pertama tentu tentukan dulu produk yang akan dijual, bisa barang, jasa atau apa saja yang bisa menjual! yang penting halal dan legal ya, tidak melanggar hukum hehehe.

Kalo friends masih bingung kira-kira mau usaha apa, bisa coba untuk mulai mendata kira-kira skill apa yang bisa dilakukan dan kita rasa cukup ahli dan cukup menjual, friends tidak akan menduga bahwa sebuah pekerjaan kecil yang biasa dilakukan sehari-hari dalam pekerjaan kita, ternyata sangat dibutuhkan oleh orang lain diluar sana, yang berani membayar mahal!

sebagai contoh penulis yang memiliki skill dalam hal membuat suatu konsep event/acara lalu membuat blog yang bisa memperkenalkan keahlian penulis bisa lihat disini (link)

dan ternyata keahlian ini cukup banyak yang mencari, dan meminta dibuatkan konsep event yang menarik, kreatif, efektif dan efisien!

contoh lain penulis juga memiliki teman yang memiliki sebuah toko handphone di pusat perbelanjaan di surabaya, beliau memiliki kegalauan karena biaya sewa tiap tahun naik, dan biaya opersional pun membengkak, sedangkan persaingan juga semakin ketat, beliau pun ingin mengembangkan usaha-nya lewat jalur online juga, penulis yang memiliki keahlian di bidang digital marketing pun didaulat untuk membuat toko smartphonenya go online

Kedua, tentukan platform blog, cukup banyak platform blog yang ada saat ini, ada WordPress, blogspot, dan lain sebagai-nya, seperti blog yang friends baca ini menggunakan wordpress, cukup user friendly, dan mudah dalam membuat-nya, semudah kita post di facebook atau bbm!

Nah penulis sarankan sih agar membeli domain sendiri dengan nama usaha, agar bisa terlihat lebih profesional, tidak terkesan blog gratisan, harga domain juga cukup murah sekitar 18$ untuk wordpress, kalo untuk hosting lain bisa lebih murah lagi, penulis malah pernah membeli domain dengan harga 30ribu saat masa promo dan dipasangkan di blogspot!

oh ya ada satu lagi platform yang bisa dipakai yaitu boomer marketing, tinggal download dari store di android atau iphone, friends bisa langsung membuat toko online, web jualan dan blogging langsung dengan sangat mudah! enaknya lagi mereka sudah membantu SEO blog bisnis kita!

Ketiga, Promosi, yup promosi bisa dilakukan dengan berkunjung ke blog sahabat dan memberikan komentar yang relevan serta memberikann link, tapi yang paling maknyus sih SEO harus bagus, apa itu SEO? (search engine optimise) strategi untuk menjadi nomor satu dihalaman pencari google, jadi saat ada orang yang mengetikkan suatu kata kunci, misal jualan seprei surabaya, maka blog kita langsung muncul di halaman pertama google!

nah untuk mengetahu apa itu SEO bisa search saja dulu di google, karena diartikel ini tidak akan membahas soal SEO secara mendalam!

Keempat, konsistensi yup inilah kunci utama dari keberhasilan blogging ini! semua proses blogging tentu membutuhkan waktu dan kerja keras, serta konsistensi, jadi jangan juga berharap semua itu bisa jadi sim salabim dalam semalam, kecuali friends memang punya dana budget lebih buat promosikan blog di iklan berbayar, maupun menyewa jasa SEO profesional

Kelima, manfaatkan juga social media, blogging dan social media bisa menjadi satu kesatuan, jika dipake bersamaan kedua alat ini bisa menjadi alat yang dahsyat untuk menjual produk kita. social media bisa membantu memviralkan content-content kita di blog.

Semoga membantu sharing artikel yang penulis bagikan hari ini, sebarkan jika berguna ya.

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan

Posted on May 3, 2016, in Education and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 11 Comments.

  1. Mas mau tanya… istriku kan jualan baju tuh, kl aku bikin blog di wp buat jualan bajunya kira2 kena banned nggak…

    Like

  2. Setuju itu, blog adalah wadah promosi paling murah sebenernya, apa lagi untuk mengembang brand kita sendiri, hanya saja kebanyakan orang kurang maksimalin blog,

    https://jildhuz.com/2016/05/02/pandangan-member-mlm-terhadap-karyawan/

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: