Tips Membedakan Jam Tangan Asli Atau Palsu

image

Jam tangan palsu atau barang KW (kloningan) yang beredar di berbagai toko arloji ada yang dibuat sangat mirip hampir menyerupai aslinya. Penjual bisa saja jujur kepada konsumennya atau justru berlaku sebaliknya yang KW malah dihargai mahal. Nah..nggak mau kan kejadian tersebut menimpa sobat!! Jadi, yuk simak tips membeli jam tangan asli berikut biar nggak ketipu sama barang bodong!!

1. Cermati bentuk fisik

Pembuatan jam tangan dengan merk asli biasanya melewati berbagai standar yang tinggi mulai dari pemilihan mesin hingga cara pembuatannya. Itulah sebabnya body jam terlihat rapi, halus, dan elegan. Jadi kalo penjual mengatakan suatu produk asli tapi tampilannya terlihat kasar dan nggak rapi, bisa jadi itu cuma sekedar kloningan sob!! Jangan sampai kena jebakan si penjual ya!! Heehe..

2. Perhatikan tulisan pada body jam

Perhatikan detil tulisan yang tercetak pada body jam untuk tahu produk yang asli atau palsu. Paling tidak sobat harus tahu bentuk dan logo suatu merk jam incaran Anda. Di Indonesia jam tangan merk Swiss Army yang  asli dan palsu mempunyai bentuk logo yang berbeda. Selain itu produk palsu juga sering mencetak tulisan yang salah ejaan pada body jam.

3. Mesin jam

Membedakakn jam tangan palsu dan asli memang sulit dilakukan orang awam yang kurang memahami tentang tipe-tipe mesin pada jam tangan. Secara umum dapat dikatakan bahwa jam tangan yang asli bagian mesinnya akan tampak presisi dan rapi.

4.  Cek tipe dan nomor seri jam

Untuk memastikan bahwa produk jam bermerk incaran Anda memang benar-benar asli, Anda bisa memeriksa nomor seri atau kode jam dan mencarinya di internet. Pada umumnya produk-produk palsu tidak mencantumkan kode atau nomor seri jam. Kalo pun ada biasanya tidak sesuai dengan yang asli.

5. Lihat Harganya

Ini cara yang paling mudah membedakan jam yang aspal (asli atau palsu) lihat harganya, sebaiknya sebelum membeli jam tangan sobat harus mensurvey lebih dulu harga jam tangan asli. Karena jam tangan palsu biasanya dibanderol dengan harga yang miring atau setengah harga.

Sumber : Viva.co.id

Posted on May 29, 2016, in tips and trick and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: