Advertisements

Tips Mudik Cerdas ; 7 Tips Cegah Kantuk Saat Berkendara

MIO Z GIF

Udah musim libur lebaran nih, sobat lebih pilih mudik dengan moda transportasi apa ya ?? Pesawat, kereta, naik bis atau mobil pribadi ?? Buat yang punya kendaraan pribadi seperti mobil atau motor biasanya bakal memanfaatkan transportasi tersebut.

Tips cegah kantuk saat berkendara

Tapi tahukah kamu, jika menyetir mobil pribadi, apalagi menyetir sendiri tanpa memakai jasa sopir, dibutuhkan kondisi tubuh yang prima, terlebih lagi uji kesabaran sobat di jalan, tau sendiri kan musim mudik begini, jalanan pasti bakal dipenuhi sama pemudik lainnya.

Apalagi buat yang kampung halamannya jauh, harus menempuh berjam-jam perjalanan. Pasti bakal dihinggapi rasa lelah, pegal dan ngantuk, bahaya juga nih sob, bisa-bisa keadaan nggak fokus begini bikin kamu celaka di jalanan.

Nah..untuk menghindari rasa kantuk saat mengemudi di perjalanan mudik nanti, simak nih beberapa tips yang mimin rangkum dari Indowarta.com :

1. Tidur yang cukup

Setidaknya tubuh harus tidur selama tujuh jam dalam sehari. Tubuh butuh tidur yang berkualitas agar tidak mengantuk atau menguap saat perjalanan nanti. Terlalu sedikit tidur bisa mengakibatkan sobat kehilangan fokus di jalan. Jadi usahakan sobat tidur dan bangun dengan bugar baru melaksanakan perjalanan mudik.

2. Hindari mengkonsumsi obat-obatan

Beberapa kandungan obat akan menimbulkan rasa kantuk usai dikonsumsi. Jadi saat perjalanan usahakan sobat menghindari konsumsi obat seperti itu.

3. Bergantian saat mengemudi

Mengemudi bergantian jadi salah satu cara ampuh agar sobat terhindar dari rasa lelah berlebih di perjalanan. Nggak lucu juga kan udah waktunya lebaran, eh sobat malah ketiduran akibat kelelahan berkendara..hehe..

4. Hindari makan berat

Makanan berat dapat menimbulkan rasa kantuk hebat.

5. Pantau berapa jauh jarak yang sudah ditempuh saat mengemudi

Beristirahatlah setelah sobat berkendara melampaui jarak 120 kilometer tanpa mengalami kemacetan. Atau kita bisa beristirahat setiap dua jam sekali. Jangan lupa regangkan otot-otot terlebih dahulu, untuk menghindari kram dan kelelahan punggung serta bahu.

6. Dengarkan musik kesukaan

Musik kesukaan bisa jadi mood booster dan pembunuh rasa bosan yang ampuh.

7. Jangan mengemudi terlalu cepat atau terlalu lambat

Berkendaralah dengan kecepatan yang sedang-sedang saja, dengan begitu sobat sudah melindungi diri sendiri maupun pengendara lain dari kemungkinan bahaya kecelakaan yang ada.

Insight

 

Advertisements

Posted on July 4, 2016, in tips and trick and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: