Advertisements

Rumor Indonesia Bakal Dibanjiri 10 Juta Tenaga Kerja Asing Cuma Hoax Belaka

MIO Z GIF

 

Sobat sudah dengar belum rumor yang lagi panas beredar di media ?? Yup!! Apalagi kalo bukan masalah tenaga kerja asing. Kabarnya dalam waktu dekat Indonesia bakal diserbu 10 juta tenaga kerja asing asal negara China. Rumor yang beredar ini sontak bikin banyak kalangan pekerja Indonesia resah. Lalu bagaimana ya kebenaran berita ini ?? Bantahan terkait berita palsu ini telah dikeluarkan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Hanif Dhakiri.

Data TKA di Indonesia

Menurutnya angka 10 juta orang dari China itu hanya jumlah wisatawan yang ingin berlibur di Indonesia, bukan datang sebagai pencari kerja. Bahkan diakui Hanif, saat ini yang terjadi justru sebaliknya, tenaga kerja Indonesialah yang menyerbu sejumlah negara termasuk negara China. Hanif juga memastikan dari data yang ia miliki, jumlah tenaga kerja asal China hanya puluhan ribu saja per tahunnya.

Indonesia sendiri juga memiliki berbagai aturan ketat terkait masuk nya tenaga kerja asing ke wilayah Indonesia.

“Ada syarat kompetensi dan alih teknologi. Intinya, hanya pekerja yang memiliki skill saja yang boleh masuk. Selama mereka legal dan tak melanggar aturan asing, tak masalah” jelas Hanif.

Sementara jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, saat ini jumlah TKA di Indonesia malah menurun dan terbilang stabil dibanding tahun-tahun sebelumnya. Perhitungan tersebut berdasarkan jumlah IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Asing) yang dikeluarkan pemerintah, tepatnya Direktorat Pengendalian Penggunaan Tenaga Kerja Asing (PPTKA), Ditjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI.

Dan jika dirata-rata, maka akan di dapatkan angka sekitar 70 ribu tenaga kerja asing di Indonesia per tahunnya. Hanif juga memastikan jika ada pekerja illegal di Indonesia dan terbukti secara hukum maka pihaknya tidak akan segan-segan memulangkan TKA tersebut ke negara asalnya.

Jadi, sobat semua tak perlu khawatir ya, karena rumor yang beredar ternyata hoax belaka!! Mimin jadi ikut sedih karena masih ada saja oknum yang menyebarkan berita palsu (isu politik) hingga membuat masyarakat dilanda kekhawatiran!! Well..kalo menurut sobat sendiri gimana dengan beredarnya berita hoax ini ???

Sumber : banyakbaca.com

Insight

 

 

Advertisements

Posted on July 21, 2016, in Hot News and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: