Advertisements

Sri Mulyani, Menteri Keuangan Asal Indonesia Yang Mendunia

MIO Z GIF

Sri mulyani

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan perombakan (reshuffle) kabinet jilid II di Istana Negara pada Rabu siang ini, 27 Juli 2016.

Dalam reshuffle kali ini, yang paling menjadi sorotan adalah posisi Menteri Keuangan (Menkeu) yang diisi kembali oleh Sri Mulyani Indrawati. Direktur Pelaksana Bank Dunia ini akan menggantikan posisi Bambang Brodjonegoro.

Hal ini dibenarkan Ketua Tim Ahli Wakil Presiden (Wapres) Sofjan Wanandi. “Iya benar, Sri Mulyani menjadi Menkeu, gantikan Bambang.”

Bisa dikatakan, Sri Mulyani Indrawati adalah kartini modern Indonesia di bidang ekonomi. Wanita asal Lampung ini, bukan hanya berhasil meningkatkan perekonomian Indonesia beberapa tahun lalu, tapi ambil andil besar pada perekonomian dunia. Alumni Universitas Indonesia (UI) ini berhasil menjabat sebagai Direktur Bank Dunia sejak Juni 2010.

Kehidupan Sri Mulyani sendiri terus berkutat dengan ekonomi dan keuangan. Sejak tahun 1998, perempuan berusia 53 tahun ini terkenal dengan kemampuannya sebagai seorang pengamat ekonomi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pengangkatan Sri Mulyani sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) pada Juni 1998.

Kemampuan Sri Mulyani dalam bidang ekonomi memang tidak diragukan lagi. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahkan mengangkat dia menjadi menteri keuangan pada tahun 2005, menggantikan Jusuf Anwar.

Istri Tony Sumartono ini menjabat sebagai menteri keuangan hingga 2010. Namun pada 2008, ia rangkap jabatan setelah ditunjuk SBY menjadi Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, setelah Menko Perekonomian  Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Saat itu, tangan dingin wanita kelahiran 26 Agustus 1962 ini berhasil meningkatkan perekonomian Indonesia. Dan di tahun 2004, investasi asing di Indonesia hanya sebesar US$ 4,6 miliar atau setara dengan Rp 60,4 triliun (kurs Rp 13.132 per dolar).

Sejak Sri Mulyani menjabat, investasi asing pada 2005 meningkat mencapai US$ 8,9 miliar (Rp 116 triliun). Di tangan Sri Mulyani pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 6,6 persen pada tahun 2007, di mana angka tersebut adalah angka pertumbuhan ekonomi tertinggi semenjak krisis keuangan 1997.

Setelah diangkat kembali sebagai Menteri Keuangan pada tahun 2009, wanita ini terus memberikan gebrakan besar terhadap perekonomian di Indonesia.

Salah satu gebrakan besar yang dilakukannya adalah peningkatan pemasukan pajak dari 4,35 juta individu mencapai 16 juta individu pada 5 tahun terakhir. Jumlah tax receipts pun berkembang 20 persen setiap tahunnya dan mencapai Rp 600 triliun pada 2010.

Prestasi Sri Mulyani tidak hanya diakui di Indonesia saja, tetapi diakui dunia. Wanita berusia 53 tahun ini mendapatkan penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia pada tahun 2007 dan 2008.

Ibu dari tiga anak ini juga masuk dalam daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia pada tahun 2008, 2014, dan 2016. Prestasi-prestasi ini pulalah yang mengantarkan Sri Mulyani sebagai Direktur Bank Dunia pada tahun 2010 lalu.

Sumber : Liputan6 

Insight

 

Advertisements

Posted on July 27, 2016, in Hot News and tagged , , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. Bagaimana caranya untuk bisa berprestasi seperti beliau Sri Mulyani ya?
    ada saran?
    terima kasih

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: