Advertisements

Ada Jebakan Virus Dibalik ‘Siapa Yang Mengintip Facebook Kamu’

MERDEKA DARI ANGSURAN MAHAL-1

Jebakan Mengintip Profil Facebook

Sebenarnya postingan “Ingin tahu siapa yang mengintip Facebook kamu…?” sudah lumayan lama beredar, mimin juga sempat ditautkan ke dalam aplikasi semacam itu, tapi akhir-akhir ini pengguna media sosial Facebook dihebohkan lagi dengan postingan tersebut. Jika mendapati postingan seperti itu, sobat kudu waspada karena bisa jadi merupakan spambot yang menggunakan situs Siapalihat.com.

Siapalihat.com menggunakan teknik lama yang mengeksploitasi kelemahan dalam aplikasi Facebook. Salah satu aplikasi yang sering dieksploitasi adalah HTC Sense.

Facebook sendiri sudah mempersulit pengembang aplikasi ini untuk membajak akun Facebook korbannya dengan memberikan berbagai peringatan pada pengguna, tapi sayangnya rasa penasaran pengguna mengalahkan segalanya hingga nekat menyetujui aplikasi berbahaya tersebut.

Bagaimana sih cara kerja aplikasi tersebut hingga mampu mencuri data Facebook milik pengguna ??

Spambot ini makin marak bermunculan, selain menuliskan kalimat siapa saja yang bisa melihat Facebook kamu postingan ini tidak lupa menyertakan nama-nama teman yang dianggap sering intip profil sobat.

Menurut Alfons Tanujaya dari Vaksin.com, sebenarnya itu langsung diambil dari friend list akun korban yang diklaim mengintip akun Facebook. Dengan begitu, korban lainnya percaya dan mengikuti apa yang diperintahkan oleh situs Siapalihat.com.

Sekali korbannya mengklik tautan yang diberikan, maka proses rekayasa sosial dimulai.

Lalu bagaimana cara mencegahnya ?? Jika pengguna sudah terlanjur terjebak spambot tersebut ??

Untuk menghilangkan spambot ini, sobat tak bisa menghilangkannya hanya dengan mengganti password saja. Namun harus menghapus aplikasi HTC Sense.

Berikut langkah-langkahnya!!

1. Buka peramban dan login ke akun Facebook Anda

2. Buka alamat situs https://www.facebook.com/settings?tab=applications

3. Arahkan mouse ke HTC Sense dan klik (X) untuk menghapus aplikasi ini. Kemudian Anda akan mendapatkan konfirmasi

4. Kemudian pilih tanda centang saat muncul konfirmasi “Delete all your HTC Sense activities including posts, photos and videos on Facebook. This may take few minutes” dan klik (Remove) untuk menghapus aplikasi HTC Sense serta membebaskan Anda dari spambot berbahaya ini.

5. Kunjungi wall seluruh teman Anda dan hapus satu per satu posting yang dilakukan bot dan informasikan bagaimana cara menghapusnya pada teman-teman lain yang juga terinfeksi.

6. Jika menemukan posting bot semacam ini lagi segera hapus dan informasikan kepada teman-teman Anda supaya tak tertipu.

Ayo, segera bersihkan Facebook mu sob!! Satu lagi jangan lupa sebarkan ya informasi bermanfaat ini!!

 

 

Advertisements

Posted on August 12, 2016, in Come On Share, Hot News, teknologi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: