Advertisements

Kebijakan Anyar Picu Harga Rokok Melambung Tinggi!! Rp 50 Ribu Per Bungkus!!

MERDEKA DARI ANGSURAN MAHAL-1

Kebijakan pemerintah rokok sebungkus 50 ribu

Dengan adanya kebijakan baru dari Pemerintah, kini harga rokok naik menjadi Rp 50 ribu per bungkus !! Apakah dengan menaikan harga akan membuat perokok aktif di Indonesia berkurang ? yang pasti wacana tersebut kini mulai dikaji pemerintah.

Pemerintah akan melakukan pengkajian penyesuaian tarif cukai rokok yang menjadi faktor naiknya harga rokok. Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara mengatakan, tarif cukai rokok masih belum didiskusikan lagi, namun dia menambahkan pihaknya biasa setiap tahun melakukan penyesuaian tarif cukai.

Selama ini harga rokok di Indonesia dipatok dengan harga dibawah Rp 20.000 per bungkus. Terbilang cukup murah jadi salah satu penyebab tingginya perokok di Indonesia. Banyak orang yang tidak mampu, hingga anak sekolah dapat dengan mudah membeli rokok karena harganya terjangkau.

Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany bersama rekannya telah melakukan studi dan hasilnya harga rokok mempengaruhi jumlah perokok. Dari studi tersebut diketahui perokok aktif akan mulai berhenti merokok jika harga dinaikan menjadi dua kali lipat.

Sebanyak 1000 orang telah disurvei dan hasilnya 72% mengaku akan berhenti merokok jika harga rokok diatas angka Rp 50 ribu. Meski demikian tidak serta merta pemerintah bisa menaikan harga tanpa memikirkan aspek ekonomi.

Direktorat Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi mengatakan bahwa harus ada komunikasi dengan seluruh stakeholder yang pro kesehatan dan yang pro industri. Heru menambahkan jika hanya mendengarkan salah satu maka bisa bangkrut, baik industri, petani bahkan juga berpengaruh pada penyerapan tenaga kerja.

Heru menjelaskan jika kenaikan harga rokok sekarang naik 2,5 kali lipat maka akan memberikan dampak negatif terlalu besar. Menurut Heru, komunitas dan perekonomian akan merugi.

Berbeda dengan Heru Pambudi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mendukung wacana kenaikan harga rokok di angka Rp 50 ribu. Djarot mengatakan terutama untuk rokok yang banyak penggemar.

Nah, kalo buat kamu sendiri gimana nih sob ?? Setuju atau nggak ya sama aturan baru yang ditetapkan Pemerintah ini ??

Sumber : Newsth.com

Insight-insight

 

Advertisements

Posted on August 19, 2016, in Hot News and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Tetap kebeli… Yakin deh. Apalagi tak lama setelah harga jadi 50rb, bakal banyak beredar rokok ilegal

    Liked by 2 people

  2. Indonesia still does not include the most expensive cigarettes in the world is still a lot Cigarette abroad more expensive and father of the president already up smoking was very good for the health of the entire Indonesian free of smoke
    http://www.sanadomino.com

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: