Advertisements

Parah!! Ikat Kepala Jokowi Dianggap Konyol, Adat Batak Jadi Ejekan Di Sosmed!!

MERDEKA DARI ANGSURAN MAHAL-1

Adat batak marah jadi ejekan di sosmed

Minggu (21/8) lalu, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara menyempatkan diri hadir meramaikan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang dihelat di Balige, Toba Samosir. Selama berlangsungnya acara, Jokowi didaulat untuk mengenakan pakaian kehormatan adat Batak, pakaian ini merupakan busana yang biasa dipakai raja-raja Batak terdahulu.

 

Sayangnya busana adat Batak yang dikenakan Presiden Joko Widodo dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, justru menuai ejekan di sosmed. Bukan hanya menghina Presiden tapi hal yang dilakukan tersebut ikut menyinggung masyarakat Sumatera Utara.

Tak terima, Ketua Aliansi Masyarakat Luat Pahae, Lamsiang Sitompul melaporkan dua akun sekaligus, yang bernama Nunik Wulandari II dan Andi Redani Putribangsa ke Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara, pada Selasa (23/8) kemarin.

Nunik menulis kata-kata penghinaan seperti, Jokowi mirip badut di Pulau Nias. Sementara Andi Redani menyamakan Jokowi dengan Lady Gaga.

Baju adat batak jadi ejekan

Baju kehormatan yang biasa dipakai raja-raja Batak

“Kita terhina, saya sebagai orang Batak terhina. Saat Jokowi dikasih pakaian adat Batak dan dipakai, itu yang dihinanya, saya sebagai orang batak terhina. Ini menyangkut ITE,” ujar Lamsiang, pada Rabu (24/8).

Atas alasan tersebut, kedua akun Facebook tersebut dijerat dengan Pasal 27 ayat 3 UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE juncto Pasal 157 KUHP. Dia mengaku kecewa dengan tulisan kedua akun tersebut yang sudah menghina pakaian kehormatan yang dikenakan Jokowi.

“Jelas sekali dia menghina Batak. Bagi kita ini sudah penghinaan, dan kalau melaporkannya harus orangnya langsung yang mengadu, nah sebagai orang Batak yang dihina kita laporkan karena merasa terhina,” tegas Lamsiang yang berprofesi sebagai pengacara ini.

Meski demikian, Lamsiang meyakini ada sejumlah akun Facebook lain yang melakukan tindakan serupa, tidak hanya Nunik Wulandari II dan Andi Redani Putribangsa. Hanya saja, sampai dengan pelaporannya ke kepolisian, dia hanya menemukan kedua nama tersebut.

“Kita akan laporkan kalau siapapun yang pakai baju adat Batak dihina. Kebetulan yang pakai presidennya,” lanjutnya.

Sobat, pikir-pikir dulu ya sebelum bicara, jangan sampai kamu menghina adat kebudayaan negeri sendiri!! Masih mau asal ngomong di sosmed ???

Sumber : Merdeka

Insight

 

Advertisements

Posted on August 25, 2016, in Hot News and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. ….pasti mbil mewek bilang akunnya dibajak…

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: