Advertisements

5 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal

semakin-merdeka-dari-angsuran-mahal

Kebiasaan yang bisa merusak ginjal

Ginjal adalah salah satu organ paling vital dalam setiap tubuh manusia. Organ ini punya tanggung jawab besar untuk menjaga tubuh, ginjal bekerja keras untuk mengeluarkan racun melalui urine, menyaring kelebihan air dalam tubuh sampai detoksifikasi darah (membersihkan darah).

Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk mengatur tingkat kalsium dan fosfat untuk tulang, serta mensekresi hormon penting yang kemudian bertanggung jawab untuk mengatur tekanan darah dan menciptakan sel darah merah. Ginjal juga berperan penting untuk mengangkut oksigen dan nutrisi penting ke seluruh tubuh termasuk otak dan jantung.

Karena fungsinya yang sangat banyak, tentunya sobat kudu memiliki sepasang ginjal yang sehat. Karena jika fungsi ginjal terganggu atau rusak maka bakal menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, atau biasa disebut dengan sakit gagal ginjal.

Tanda-tanda penyakitnya sendiri berupa, perubahan warna dan jumlah urine, pusing, muntah, anemia, sulit bernapas, kedinginan, kelelahan, gatal pada kulit, bau mulut, dan merasakan sakit secara tiba-tiba di dalam tubuh.

Berikut kebiasaan kecil yang kurang kamu sadari, yang sebenarnya bisa mengganggu fungsi ginjal sobat.

1. Kurang minum air putih

Buat yang punya kebiasaan menunda minum atau malas minum air putih hal seperti ini bisa membuat ginjal sobat rusak.

Salah satu fungsi ginjal adalah mengeluarkan sisa metabolisme dari tubuh dan mengatur produksi eritrosit, jadi kalo sobat tidak memiliki cukup air  dalam tubuh, darah akan lebih terkonsentrasi yang membuat aliran darah ke ginjal jadi berkurang. Hal ini bakal mempengaruhi kerja ginjal untuk membung racun dari tubuh, yang akhirnya menyebabkan penumpukan racun di dalam tubuh.

Menurut National Kidney Foundation, kita harus minum setidaknya 10-12 gelas air setiap harinya, jangan lupa disesuaikan sama aktivitas sobat, khususnya buat yang banyak beraktivitas di luar ruangan dibutuhkan lebih banyak air, untuk menjaga fungsi organ vital tetap bekerja dengan baik.

2. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan

Kafein yang terkandung dalam kopi bisa merusak ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, karena dapat menyebabkan hipertensi (darah tinggi) dan membuat ginjal terlalu banyak bekerja membersihkan tubuh. Ini bisa menimbulkan beberapa konsekuensi serius dalam jangka panjang.

3. Pecinta makanan asin

Garam merupakan bahan lain yang bisa menyebabkan kerusakan signifikan pada ginjal dan kesehatan sobat secara keseluruhan. Kandungan natrium pada garam jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi, akan membuat ginjal Anda bekerja lebih keras untuk menghilangkan kelebihan garam. Akibatnya, fungsi ginjal jadi menurun dan terjadi retensi air di dalam tubuh. Di sisi lain, kondisi ini dapat meningkatkan tekanan darah, yang kemudian akan memperburuk kesehatan ginjal.

Tapi bukan berarti kita nggak boleh makan garam sama sekali, idealnya asupan harian garam tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan, yaitu 5 gram per hari. Jika melebihi takaran ini, akan menyebabkan ketegangan dan masalah kesehatan yang lebih serius.

4. Pecandu alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Hal ini dapat meningkatkan resiko gagal ginjal. Selain itu, alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga mempengaruhi fungsi normal ginjal.

5. Hobi Begadang

Kurang tidur bukan hanya buruk bagi ginjal, tapi juga untuk seluruh organ tubuh. Menurut para ahli, orang dewasa harus mendapatkan 6-8 jam tidur setiap malam. Jika kurang dari itu, dapat menimbulkan efek kerusakan pada jangka panjang.

Saat sobat tidur, jaringan organ akan melakukan regenerasi. Jadi, jika kita kurang tidur, proses regenerasi ini akan terhalang, yang berakibat pada kerusakan ginjal dan organ vital lainnya.

Menurut hasil penelitian, kurang tidur dapat menyebabkan hipertensi dan aterosklerosis, yang meningkatkan risiko gagal ginjal lebih tinggi. Ginjal akan beroperasi dengan sempurna jika sobat memiliki kebiasaan tidur yang sehat. So, sayangilah ginjal Anda!!

Sumber : My Healthy Life Guide

insight-banner-promo-fix

 

Advertisements

Posted on September 20, 2016, in Beauty & Health and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. Cuma begadang itu sekarang tuntutan hidup

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: