Advertisements

​Heboh!! Mata Uang Palu Arit, Begini Komentar BI..

dp-01
insight-banner-promo-fix
Mata uang palu arit
Akhir-akhir ini netizen dihebohkan dengan kemunculan mata uang palu arit di media sosial, ada uang kertas Rp 100.000 keluaran tahun 2014, yang memiliki simbol ideologi dari partai komunis.
Setelah sempat bikin geger dan menuai banyak protes, akhirnya Bank Indonesia angkat bicara untuk mengklarifikasi uang palu arit, begini komentar Kepala Divisi Penanggulangan Uang Palsu Bank Indonesia (BI), Hasiholan Siahaan.

Beliau, menyampaikan jika pada setiap uang kertas Rupiah yang masih berlaku (mulai pecahan Rp 1.000 sampai Rp 100.000) terdapat unsur pengaman yang disebut sebagai Rectoverso atau gambar saling isi.
Rectoverso pada uang kertas Rupiah dapat dilihat pada bagian depan uang di sudut kiri atas di bawah angka nominal. Juga pada bagian belakang uang di sudut kanan atas di bawah nomor seri.
Hasiholan mengatakan, Rectoverso adalah suatu teknik cetak khusus pada uang kertas di mana pada posisi yang sama dan saling membelakangi di bagian depan dan bagian belakang uang kertas terdapat suatu ornamen khusus seperti gambar tidak beraturan.
Jadi, apabila Rectoverso pada uang kertas diterawang ke arah cahaya maka akan terbentuk suatu gambar beraturan.
“Pada setiap pecahan uang kertas Rupiah, Rectoversonya membentuk ornamen lambang BI atau singkatan dari Bank Indonesia,” jelasnya.
Sejauh ini Rectoverso adalah unsur pengaman yang sulit dipalsukan. Selain digunakan pada uang kertas Rupiah, unsur pengaman Rectoverso juga digunakan oleh banyak negara, seperti uang kertas Malaysia Ringgit (membentuk ornamen bunga) dan uang kertas Euro (membentuk ornamen nilai nominal).
“Jadi, Rectoverso pada bagian belakang uang kertas Rupiah tahun 2014 adalah tidak benar merupakan ornamen atau lambang Palu dan Arit. Jangan khawatir dengan uang Rupiah kita,” terangnya.
Sob, udah paham kan sekarang kalo tidak ada yang namanya palu dan arit, mungkin itu unsur ketidaksengajaan aja sehingga kesannya membentuk gambar palu dan arit. Kalo pendapat kamu gimana ??
Sumber : pojoksumut.com
Advertisements

Posted on November 13, 2016, in Hot News and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: