Advertisements

Ketahui Apakah Kamu Beresiko Terkena Serangan Stroke Lewat Gerakan Mudah Berikut..

promo-hebat

insight-banner-promo-fix

stroke-women-444x280

Kali ini mimin akan membagikan tips sehat buat sobat semua, caranya sangat gampang dan bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Terlihat sehat, apakah sobat sudah pasti aman dari serangan stroke ?? Belum tentu..

Jika ada tanda-tanda berikut jangan diremehkan, bisa saja sobat bakal terkena stroke ringan atau Transient Ischemic Attack (TIA). Stroke ringan merupakan tanda sudah adanya gangguan pembuluh darah di otak dan jika diabaikan bisa menjadi stroke berat yang mampu menyebabkan kecacatan hingga kematian.

Dikutip dari situs Medical Daily, cara cepat mengenali dan mengatasi stroke ringan adalah dengan FAST (Face, Arms, Speech, and Time). Ayo, kita bahas satu-persatu!!

1. Face (wajah)

Stroke ringan biasanya menyerang bagian wajah. Mintalah orang yang dicurigai stroke atau menderita darah tinggi untuk tersenyum. Apabila wajah atau mulutnya jadi tidak simetris saat tersenyum, waspadai gejala stroke sedang menghantui.

2. Arms (lengan)

Mintalah orang yang beresiko mendapat stroke mengangkat kedua lengannya dan tahan selama beberapa detik. Apabila salah satu lengan turun atau cukup sulit diangkat, kemungkinan mereka mengalami stroke ringan.

3. Speech (bicara)

Stroke juga mempengaruhi cara bicara seseorang karena terjadi gangguan pada bagian otak tertentu. Stroke bisa membuat seseorang bicara melantur dan tidak jelas.

4. Time (waktu)

Waktu sangat berarti bagi kesehatan otak. Ketika sudah mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera bawa ke dokter, sekalipun gejala tiba-tiba hilang. Tindakan ini untuk mencegah meluasnya kerusakan pada otak akibat pembuluh darah yang menyempit, jika dibiarkan mereka akan pecah dan menyebabkan kematian pada otot wajah, tangan hingga kaki.

Sementara itu, menurut American Stroke Association, ada beberapa gejala tambahan yang bisa mengenali penyakit stroke ringan.

1. Mati rasa pada wajah, lengan atau kaki. Mati rasa biasanya hanya terjadi pada satu sisi tubuh. Entah sebelah kanan atau kiri.

2. Kebingungan, kesulitan berbicara dan memahami sesuatu. Pendengaran jadi tidak setajam saat masih normal dulu.

3. Tiba-tiba mengalami kesulitan melihat pada satu atau kedua mata.

4. Kesulitan berjalan, pusing dan hilangnya keseimbangan tubuh.

5. Sering sakit kepala yang cukup parah tanpa tahu penyebabnya dengan pasti. Jika sudah parah biasanya tubuh penderita stroke akan terlihat pucat.

Dokter Emil Matarese dari Medical Center St Mary, mengingatkan kita semua, kapan pun mengalami gejala tersebut, jangan tunda memeriksakan diri ke dokter. Karena, kini penyakit Stroke bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal batas usia. Tak hanya menyerang para orang tua, stroke juga kini menghantui kawula muda.

Advertisements

Posted on December 29, 2016, in Beauty & Health, Come On Share, Hot News and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: