Pemerintah siap terapkan sekolah libur Sabtu – Minggu!


Sekolah libur di hari Sabtu dan Minggu akan direalisasikan. Tahun 2017 dan 2018 agenda libur di hari Sabtu dan Minggu sedang digagas dengan matang. Mulai sekarang para murid cukup sekolah 5 hari saja.

Lalu apa saja konsekuensinya jika para murid hanya belajar selama 5 hari? secara otomatis jam pelajaran selama 5 hari akan bertambah, yang biasanya hanya 6 jam menjadi 8 jam sehari.

Indonesia termasuk negara yang punya banyak mata pelajaran dan PR, semuanya dipelajarin, ada yang masih ingat berapa mata pelajaran yang harus dikuasai dengan baik?

Kali ini sistemnya akan dibuat berbeda, enggak cuma hari sekolahnya aja yang berkurang tapi pengajarannya akan dibuat lebih beragam.

Untuk menghindari kebosanan selama 8 jam belajar di kelas, para murid akan belajar di luar ruangan, misalnya saja di alam, mengunjungi museum dan lokasi bersejarah lainnya.

Karena jam mengajar yang panjang, guru diharap mampu bertanggung jawab untuk menjaga murid. hitung-hitug jadi pengganti orang tua, apalagi buat yang orang tuanya sibuk bekerja.

Nah, para orang tua siap-siap ya dimintai tarikan dana untuk si kecil, jika ada kegiatan keluar, tapi tenang aja kok. Untuk murid yang kurang mampu tidak akan dipungut biaya.

Di beberapa daerah seperti di luar Pulau Jawa sudah mulai menerapkan sistem libur Sabtu – Minggu, gimana ya dengan Pulau Jawa?

Setahu mimin sih ada banyak sekolah swasta yang menerapkan sistem belajar 5 hari seperti sekolah-sekolah di luar negeri, tapi untuk penerapannya secara serentak dan merata di Indonesia mungkin masih dalam proses.

Semoga aja makin baik kedepannya, pelaksanaannya pun bisa berjalan lancar!

 

Posted on April 13, 2017, in Hot News and tagged , , . Bookmark the permalink. 10 Comments.

  1. harusnya yang pns2 itu malah yang sabtu masuk. wong abdi negara kok malah hari kerjanya sampai jumat

    Liked by 1 person

  2. Wah semoga disusul dg kantor saya. Selama ini saya masih masuk kalau sabtu.

    Like

Leave a comment