Advertisements

Bukan Disneyland, ini yang akan dibangun di Boyolali!

Guys, masih hangat terdengar jika Boyolali akan dibangun Disneyland! Taman bermain yang kece layaknya di luar negeri. Sudah kadung senang, eh tau-taunya cuma isu hoax. Seketika itu juga langsung baper deh.

Terus sebenarnya apa sih yang bakal dibangun di Solo?

Ayo, kita dengar penjelasan dari Bupati Boyolali, Seno Samodro!

Bupati Boyolali Seno Samodro menyebutkan, jika wahana hiburan yang akan dibangun bukanlah bernama Disneyland.

Berhubung isu yang muncul sudah mencuat dengan kencang. Apalagi, saat pihak Walt Disney membantah kabar tersebut. Maka muncurlah kabar simpang siur yang sepotong-sepotong.

Seno menyebut jika yang akan dibangun bukanlah Disneyland, tapi wahana hiburan yang punya konsep serupa.

Wahana bermain yang direncanakan akan dibangun di Boyolali memang bukan memakai merek dagang Walt Disney. Namun, konsepnya akan dibuat seperti itu, bahkan melebihi Disneyland yang ada saat ini.

Kabarnya, sang investor sendiri yang minta dirahasiakan konsep dan pembangunannya di hadapan publik, alhasil banyak deh yang meragukan pembangunan wahana tersebut.

Seno menceritakan, jika nama wahana bermain yang akan dibuat, diserahkan sepenuhnya pada investor dan keinginan pasar.

Betul ini bukan Disneyland. Karena kalau jadi, namanya bukan Disneyland. Dalam dunia bisnis itu biasa. Franchise kan tidak harus 100 persen. Mereka sudah nego (Disneyland) tidak beli 100 persen, hanya sekitar 21-23 persen. Pakai Universal Studio 17 persen, ada lagi Warner Bros, dan lainnya. Jadi enam sampai delapan raksasa dunia, diambil sedikit.

Terkait bantahan dari Walt Disney, Seno melihatnya sebagai sebuah kewajaran. “Jadi kalau dikonfirmasi ke pihak Walt Disney dan mengatakan itu bukan Disneyland, ya pasti. Karena belinya hanya beberapa saja, misalnya Disneyland punya 100 wahana, cuma copy 21 wahana dipilih yang menarik, itu boleh, manajemen terbuka. Tapi itu kan urusan investor bukan aku.”

Bila pernyataan Seno benar, itu artinya sistem franchise atau waralaba tersebut tak berasal dari satu merek dagang. Para investor bisa membangun wahana hiburan di mana atraksi-atraksinya adalah gabungan dari yang biasa ditemukan di Disneyland, Universal Studios, maupun Warner Bros.

Seno menyebut investor yang terlibat pembangunan wahana bermain tersebut berasal dari beberapa negara.

Sempat beredar kabar jika pemilik MNC Group, Hary Tanoe hingga Presiden Donald Trump akan menjadi investor besar dari pembangunan wahana tersebut, namun Bupati Boyolali ini membantahnya.

Seno menyebut bahwa para investor yang terlibat berasal dari Finlandia, Selandia Baru, Malaysia, serta Singapura. Untuk nilai investasinya, Seno membenarkan bahwa wahana bermain itu membutuhkan dana Rp 6,1 triliun. Tanah yang dibutuhkan seluas 100 hektar dan mampu menampung 22.000 kendaraan.

Kesepakatan kerjasamanya sendiri sudah diteken sejak akhir tahun 2016 dan pembangunan akan dimulai pada September 2017.

Boyolali sendiri diminati investor karena punya proses izin dan birokrasi yang mudah.

“Izinnya dipermudah, simple, jadi mereka sudah yakin di Boyolali. Trust nomor satu,” tegasnya.

Ia juga menuturkan bahwa investor sempat menjajaki sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, tapi kemudian tak memberikan hasil karena proses birokrasinya yang rumit.

Seno juga meyakinkan bahwa proyek ini bukan isapan jempol belaka. Bahkan peletakan batu pertama telah dijadwalkan pada 1 September 2017 atau paling lambat pada Oktober 2017. Sedangkan pembangunan wahana bermain tersebut membutuhkan waktu pengerjaan hingga dua sampai tiga tahun.

Soal harga tiket masuk, Seno memperkirakan sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu. Jumlah ini lebih murah dari harga tiket masuk Disneyland Hong Kong yang sebesar Rp 1 juta atau Universal Studios Singapura yang sebesar Rp 722 ribu.

Nah, udah jelaskan yang dibangun apa. Seneng deh Boyolali bisa maju karena udah ada taman hiburan yang kekinian. Yuk, sob nabung mulai dari sekarang! Hehehehe…

 

Sumber : IDNtimes.com & Liputan6

Advertisements

Posted on April 18, 2017, in Hot News and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: