Advertisements

Siswi SMK bunuh diri karena kunci jawaban bocor, begini kata Kemdikbud!

Seorang siswi SMK yang bunuh diri akibat kunci jawaban yang bocor, kasusnya telah diselidiki, Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) dan Inspektorat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Diketahui AN, salah satu siswi SMKN 3 Padangsidimpuan, nekat bunuh diri karena merasa terintimidasi oleh oknum guru.

Begini hasil investigasi yang dikemukakan Kemdikbud. Di sekolah tersebut memang terjadi kebocoran soal ujian sehingga berbuntut saling bully lewat komentar antarsiswa di Facebook.

“Benar terjadi kebocoran kunci jawaban yang dilakukan oknum guru SMKN 3 Padangsidimpuan, tetapi bukan soal USBN maupun UNBK, melainkan soal UAS untuk mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan,” ujar Presidium FSGI, Heru Purnomo, dalam keterangan tertulis.

Sedangkan terkait oknum guru KS yang diduga menakut-nakuti AN terkena pelanggaran UU ITE, tim investigasi menyerahkan sepenuhnya pada pihak kepolisian karena menyangkut hukum pidana. Sedangkan untuk kasus kekerasan verbal yang dilakukan KS kepada siswa lainnya, pihak inspektorat menyerahkan sanksi kepada inspektorat daerah.

“Inspektorat Kemdikbud RI juga merekomendasikan agar situasi sekolah kondusif, maka diperlukan pemetaan kebutuhan guru agar bisa memutasi para guru yang memang memiliki masalah pribadi tetapi dibawa ke ranah publik,” imbuh Bendahara FSGI, Slamet Maryanto.

Di samping itu, lanjut dia, oknum guru KS juga diminta untuk meminta maaf langsung kepada keluarga korban yang telah mengalami kekerasan verbal, yakni keluarga AN dan lima siswi lainnya.

“Pihak Inspektorat Jenderal Kemdikbud RI dengan FSGI sepakat bahwa sekolah dan anak-anak adalah hal utama yang harus diselematkan demi terwujudnya pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan di SMKN 3 Padangsidimpuan,” pungkas Sejken FSGI, Retno Listyarti.

Ini sekelumit catatan buram pendidikan di Indonesia, sayang sekali ya potret guru yang harusnya jadi panutan justru tidak bisa menyelesaikan masalah dengan bijaksana.

 

Sumber : Okezone.com

Advertisements

Posted on April 21, 2017, in Hot News and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: