Advertisements

8 Tanda Mengerikan Yang Disebabkan Dehidrasi

 

Pict : Marlazaro.es

Menurut ahli diet selebriti, Isabel Smith, 75% orang Amerika meminum lebih sedikit dari rekomendasi Institusi kesehatan yaitu 10 gelas air putih setiap harinya, ada kemungkinan kita bisa mengalami dehidrasi bahkan tanpa menyadarinya.

Lalu bagaimana caranya kita tahu jika kita tidak cukup minum, Bahkan saat kita tidak benar-benar merasa haus? Ternyata, tanda-tanda berikut bisa menjadi cara tubuh sobat untuk memberi tahu bahwa tubuh sebenarnya memerlukan lebih banyak H2O.

1. Terus menerus merasa lapar

Terkadang, tubuh salah mengartikan rasa haus menjadi rasa lapar. Jika kita merasa lapar lebih dari tiga jam sejak kita makan terakhir kali, kemungkinan kita memang benar-benar lapar. Tapi, jika tidak, sobat bisa minum sesuatu dan melihat apakah kamu masih punya keinginan untuk makan.

“Terkadang saya akan menyuruh orang mencoba memulainya dengan segelas air jika mereka baru saja makan dan masih merasa lapar,” kata Smith.

2. Mudah lelah, pusing dan gerogi

Pict : Rosewellness.com

“Jika tubuh kehabisan cairan, maka organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Akibatnya, tingkat energi Anda mulai menurun dan Anda mungkin merasa semakin lemah dan kelelahan selama keadaan hidrasi yang tidak memadai ini,” kata Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, Seorang internis di NYU Langone Medical Center.

Menurut Smith, kelelahan yang diakibatkan dehidrasi adalah “perasaan gerogi dan pusing yang tiba-tiba.”

3. Sulit menurunkan berat badan

Dehidrasi dapat menyebabkan Anda makan lebih banyak, dan air dapat membantu memecah lemak dan membakar kalori. Jika Anda tidak minum cukup air, sia-sia deh program diet sobat untuk menurunkan berat badan.

4. Kencing berwarna gelap

“Seperti yang Anda duga, urin Anda cenderung menjadi lebih berwarna saat Anda terhidrasi,” kata Dr. Okeke-Igbokwe. Warna kuning tua atau oranye, adalah tanda bahaya dari dehidrasi.

5. Tidak buang air kecil

“Tanda lain saat Anda dehidrasi adalah ketika kita tidak kencing sebanyak biasanya,” ujar Dr. Okeke-Igbokwe. Lagi pula, tidak banyak yang bisa keluar (air seni) jika kita tidak memasukkan air yang cukup.

6. Bau mulut

“Bila Anda mengalami dehidrasi, mulut bisa menjadi sangat kering dan produksi saliva dapat berkurang,” Dr. Okeke-Igbokwe menjelaskan. “Hal ini menyebabkan pertumbuhan berlebih bakteri di mulut yang menciptakan bau yang sangat tidak sedap.”

7. Kulit jadi kurang elastis

Pict : Mediskus.com

Berikut adalah tes cepat untuk melihat apakah Anda mengalami dehidrasi: Jepitkan kulit di punggung tangan Anda. Setelah Anda melepaskannya, kulit harus kembali ke tempat asalnya. Jika tetap seperti cara mencubitnya, Anda berarti mengalami dehidrasi, menurut Dr. Okeke-Igbokwe.

8. Bawel dan kurang fokus

Dampak Dehidrasi pada otak bisa menyebabkan iritabilitas dan kesulitan memusatkan perhatian, meski Anda hanya sedikit mengalami dehidrasi. “Orang mungkin merasa lebih sulit untuk melewati hari dan menyelesaikan tugas rutin,” ungkap Dr. Okeke-Igbokwe.

Intinya: Hidup bakal lebih baik bila kita terhidrasi, jadi selalu sediakan air putih di sekitar, setiap saat. Hal ini bisa memperbaiki hidup saya dan sobat secara serius, lho.

 

Sumber : Glamour.com

Advertisements

Posted on May 28, 2017, in Beauty & Health and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: