Advertisements

Nasofaring, Kanker Yang Diderita Kim Woo Bin Dan Pemicunya!

Aktor yang baru berusia 27 tahun ini, merasakan keadaan tubuh yang kian memburuk saat sedang melakukan salah satu adegan syuting film terbarunya, Wiretap. Kim Woo Bin menderita mimisan beberapa kali di lokasi syuting dan mengalami pembengkakan di bagian tenggorakan.

Saat memeriksakan kondisinya ke dokter, ia pun didiagnosis menderita kanker Nasofaring atau kanker tenggorokan. Salah satu penyakit yang cukup langka terjadi.

Ramai tentang Nasofaring, sebenarnya apa pemicu kanker ini hingga bisa bersarang di tubuh Woo Bin atau penderitanya?

Usia muda bukanlah jaminan hidup bebas kanker jika tidak diikuti pola dan gaya hidup sehat.

Berikut penjelasan, Prof M Zakaria, SpRad(K)Onk dari Departemen Radioterapi RSCM, beliau menyebut penyebabnya ialah gaya hidup.

“Minum alkohol, minum wine itu kan sekarang nampaknya lazim-lazim saja. Apalagi merokok, anak muda sekarang sudah menganggap rokok sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari mereka,” ungkapnya.

Bila ditelisik lebih lanjut, aktor yang berpacaran dengan aktris Shin Min Ah ini dikabarkan memang memiliki gaya hidup yang kurang sehat.

Woo Bin dikabarkan seorang perokok berat. Jarang tertangkap publik, mungkinkah tuntutan image baik yang harus ditunjukkan di mata publik Korea, berhasil menyimpan rapat kebiasaan buruk aktor sekaligus model asal negeri ginseng tersebut?

Namun belakangan terungkap di beberapa forum, Tumblr bernama Woobluv yang menguak kebiasaan buruk Woo Bin, yang kabarnya adalah perokok berat sejak mengawali karier sebagai model. Disebutkan juga bahwa Woo Bin pernah tertangkap kamera seorang fans sedang membawa sekotak rokok bermerek.

Walau begitu ada desas-desus kalau doi sudah berhenti total untuk merokok, namun efek nikotin rupanya masih tetap bersarang di tubuh Woo Bin.

Dalam film yang sering dibintanginya, Woo Bin juga kerap memerankan karakter perokok. Dan ia memerankannya dengan baik, seolah-olah ia memang sudah terbiasa dengan benda itu. Jika bicara alkohol, rasanya hal semacam itu sudah tidak tabu lagi, kebiasaan minum-minum udah jadi kultur di beberapa negara termasuk Korea.

Perlu diketahui bahwa kanker nasofaring adalah kanker yang paling rentan menyerang ras Mongoloid. Sebelum Korea, kasus kanker nasofaring banyak dilaporkan terjadi di China dan Hongkong. Bahkan di China, kanker ini disebut kanker guangdong karena saking banyaknya warga Guangdong, China yang mengidap penyakit ini.

Dr dr Cita Herawati, SpTHT-KL dari RS Kanker Dharmais menjelaskan, salah satu pemicu kanker nasofaring adalah infeksi virus Epstein-Barr (EBV). Di dalam tubuh hampir setiap orang di dunia ini terdapat virus tersebut.

“Tapi pada orang Asia ras mongoloid, 5 sampai 15 persen bermutasi menjadi sel kanker. Akhirnya sel ini menyerang nasofaring dan disebut sebagai kanker nasofaring atau karsinoma nasofaring (KNF),” ungkap dr Cita.

Ditambah lagi, kanker nasofaring lebih banyak menyerang pria ketimbang wanita. Faktor lain yang tidak dapat diabaikan adalah polusi udara.

Penyebab Nasofaring :
1. Rokok
2. Alkohol
3. Makanan kurang sehat (perbanyak buah dan sayur agar lebih cepat sembuh)
4. Polusi udara
5. Kelelahan

Nah, enggak mau kan terserang kanker langka ini, sebaiknya jaga pola hidup sehat sobat biar bebas kanker di usia muda. Cepat sembuh Kim Woo Bin!

 

Sumber : Detik.com

Advertisements

Posted on May 30, 2017, in Infotaiment and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: