Advertisements

8 Keuntungan Mengonsumsi Dark Coklat

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kebiasaan memakan coklat dapat menuai berbagai manfaat kesehatan. Inilah 8 alasan mengapa sobat harus makan cokelat kapan saja saat menginginkannya.

1. Coklat mengandung lebih banyak antioksidan daripada apel.

Terkhusus coklat hitam, mengandung lebih banyak konsentrasi antioksidan daripada apel, teh hitam, dan anggur merah. Antioksidan dari sumber alami seperti kakao menangkal kerusakan sel yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dan risiko pengembangan penyakit kronis dan pelemahan syaraf tertentu, termasuk penyakit Alzheimer dan Parkinson, menurut Pusat Kesehatan Komplementer dan Integratif Nasional.

2. Coklat membantu mengurangi stres.

Cokelat bisa meringankan kecemasan, menurut sebuah penelitian di tahun 2009 di mana orang-orang cemas yang makan 40 gram coklat (sekitar lima kotak) setiap hari selama dua minggu mengalami kadar hormon kortisol stres lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi cokelat.

Bukan sulap bukan sihir : Ternyata coklat mengandung beberapa senyawa bioaktif yang meningkatkan kadar anandamida Anda, lipid yang mengaktifkan reseptor otak yang bertanggung jawab untuk membuat rasa bahagia dan bisa menjadi obat rasa sakit alami. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada pertengahan tahun 90an.

3. Coklat bisa mengurangi risiko masalah jantung.

Ketika para ilmuwan melihat diet 55.502 orang dewasa berusia antara 50 dan 64 tahun dalam sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan di jurnal kesehatan Heart, mereka menemukan bahwa dibandingkan dengan orang-orang yang jarang makan cokelat, mereka yang paling sering mengonsumsi satu ons hingga enam kali seminggu, memiliki risiko 20% lebih rendah mengalami detak jantung tak biasa yang terkait dengan risiko stroke dan serangan jantung yang lebih tinggi selama periode 14 tahun.

Kombinasi sifat anti-inflamasi dan antioksidan kakao membuat darah kurang lengket dan oleh karena itu mengurangi jaringan bekas luka di pembuluh darah, yang menurunkan disfungsi listrik yang dapat menghentikan detak jantung Anda, menurut penulis utama studi Elizabeth Mostofsky, ScD , Seorang instruktur di bidang epidemiologi di Harvard TH Chan School of Public Health.

“Mengingat konsistensi bukti di seluruh penelitian, sebagai bagian dari diet sehat jantung, coklat hitam adalah pilihan makanan ringan yang cerdas,” kata Mostofsky.

4. Coklat meningkatkan libido.

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa Anda harus makan banyak coklat untuk mengetahui adanya perbedaan dalam kehidupan seks Anda, coklat masih mengandung phenylethylamine (zat kimia yang dilepaskan tubuh sebagai respons terhadap ketertarikan fisik, yang juga meningkatkan tingkat dopamin Anda pada neurotransmiter neuron yang mengatur saraf pembawa pesan atau isyarat dari otak ke bagian tubuh lainnya).

5. Latihan Stamina bisa lebih efektif berkat coklat.

Dalam sebuah studi di tahun 2016, para atlit sepeda pria yang menambahkan sekitar satu 1/2 kotak cokelat hitam ke makanan mereka setiap hari tanpa mengutak-atik latihan mereka terbukti mampu meningkatkan kecepatan sprint dan stamina lebih dari kelompok kontrol yang menambahkan coklat putih, yang mengandung kurang epicatechin, secara alami Zat yang terjadi ditemukan pada kakao yang menurut penulis setelah dipelajari dapat memperbaiki aliran darah, metabolisme energi, dan fungsi jantung.

6. Konsumsi coklat dan diabetes tipe-2 yang lebih rendah.

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa diet manis dapat meningkatkan berat badan yang membuat sobat rentan terkena diabetes tipe-2, para periset justru melihat efek konsumsi coklat jangka panjang menemukan sesuatu yang mengejutkan : Di antara wanita yang dilacak selama 13 tahun, mereka yang Mengonsumsi cokelat secara teratur cenderung tidak mengembangkan diabetes tipe-2 dari pada wanita yang mengonsumsinya kurang dari sebulan sekali, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition.

Meskipun penting untuk dicatat bahwa penelitian tersebut tidak membuktikan sebab-akibat, penelitian yang ada menyarankan senyawa dalam coklat dapat meningkatkan sensitivitas insulin – hal yang baik, karena resistensi terhadap insulin dapat menyebabkan diabetes tipe-2 dari waktu ke waktu.

7. Coklat membuat fungsi otak jauh lebih baik.

Dalam sebuah penelitian di tahun 2014, ketika para peneliti menguji fungsi kognitif di antara tiga kelompok orang dewasa yang lebih tua sebelum dan sesudah mengkonsumsi minuman yang dibuat dengan jumlah flavonol kakao yang bervariasi, senyawa fitokimia, setiap hari selama delapan minggu, semua peserta menunjukkan perbaikan dalam pengujian kognitif. Hingga cara flavonol memperbaiki sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan otak.

8. Membuat tubuh lebih padat

Jika sobat ingin membuat tubuh lebih padat, tetaplah dengan barang yang lebih gelap. Cokelat yang lebih gelap (dark chocolate), kurangi susu dan gula, dan perbanyak kokoa.

Sekedar informasi dark chocolate dan susu yang dibuat di Eropa mengandung lebih banyak padatan kakao daripada cokelat yang dibuat di Amerika.

So, perbanyak coklat demi kesehatan tubuh sobat!

 

Sumber : Cosmopolitan.com

Advertisements

Posted on May 31, 2017, in Beauty & Health, Come On Share, Hot News and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: