Advertisements

Amien Rais Terduga Terima Aliran? Amien Rais Janji Bongkar Semuanya!

Awal Mula Nama Amien Rais Disebut Dalam Sidang :

Mengejutkan, nama Amien Rais dari kubu partai politik PAN tiba-tiba muncul dalam persidangan terhadap terdakwa mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Nama Amien Rais disebut beberapa kali oleh jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat membacakan surat tuntutan terhadap Siti Fadilah.

Menurut jaksa KPK, mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, ikut menerima aliran uang dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Kesehatan. Totalnya mencapai Rp 600 juta. Benarkah Amien Rais mecoba mengorupsi alat kesehatan untuk masyarakat kecil? TEGAA! *eh.

Dalam persidangan, jaksa menilai, Siti Fadilah terbukti menyalahgunakan wewenang dalam kegiatan pengadaan alat kesehatan (alkes) guna mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) tahun 2005, pada Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan (PPMK) Departemen Kesehatan. Akibat tindakan Siti negara merugi sekitar Rp 6,1 miliar.

Menurut jaksa, dalam kegiatan pengadaan alkes untuk mengatasi KLB pada tahun 2005, Siti terbukti membuat surat rekomendasi mengenai penunjukan langsung. Ia meminta agar kuasa pengguna anggaran dan pejabat pembuat komitmen, Mulya A Hasjmy, menunjuk langsung PT Indofarma Tbk sebagai perusahaan penyedia barang dan jasa.

Kasus yang menjerat Siti Fadilah tidak lepas dari kedekatannya dengan PAN dan Muhammadiyah. Siti diketahui merupakan anggota pengajian yang digelar Yayasan Lintas Orbit, bertempat di rumah salah satu tokoh Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

Awalnya, pada September 2005, Siti beberapa kali bertemu dengan Ary Gunawan selaku Direktur Utama PT Indofarma Global Medika dan Nuki Syahrun selaku Ketua Sutrisno Bachir Foundation (SBF). Nuki merupakan adik ipar dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Sutrisno Bachir.

Menurut jaksa, berdasarkan fakta persidangan, penunjukan langsung yang dilakukan Siti terhadap PT Indofarma merupakan bentuk bantuan Siti terhadap Partai Amanat Nasional (PAN). Pengangkatan Siti sebagai Menteri Kesehatan merupakan hasil rekomendasi Muhammadiyah.

Menurut BPK, penunjukan langsung yang dilakukan Siti tersebut telah memperkaya PT Indofarma sebesar Rp 364.678.940 dan memperkaya PT Mitra Medidua sebesar Rp 5.783.959.060. Selanjutnya, keuntungan yang diperoleh PT Medidua sebagian ditransfer beberapa kali ke rekening (SBF) yang diketuai Nuki Syahrun.

Uang masuk ke rekening Amien Rais

Berdasarkan surat tuntutan jaksa, Nuki Syahrun memerintahkan Sekretaris pada Yayasan SBF, Yurida Adlaini, untuk memindahbukukan sebagian dana keuntungan PT Indofarma kepada pihak-pihak yang memiliki hubungan kedekatan dengan Siti Fadilah. Salah satunya adalah Amien Rais. Menurut jaksa KPK, rekening Amien Rais enam kali menerima transfer uang.

Setiap kali transfer, Amien menerima Rp 100 juta. Rekening Amien Rais tercatat pertama kali menerima uang pada 15 Januari 2007. Terakhir kali Amien Rais menerima dana pada 2 November 2007.

Lalu bagaimana tanggapan Amien Rais saat namanya disebut?

Amien Rais langsung menanggapi dengan cepat, saat namanya disebut di fakta persidangan yang tertuang dalam surat tuntutan jaksa. Amien menyebut, pencatutan namanya sebagai “blessing in the disguise” (berkah yang tersembunyi).

Wah, wah, selalu koar-koar dan menyudutkan tokoh lain dengan kasus korup, nyatanya Pak Amien Rais tak seputih kelihatannya. Dasar pejabat! *eh..

“Informasinya KPK membuka kembali, katanya saya mendapat aliran dana dari 2003 sampai 2007. Apapun, ini saya terima dengan senang hati, buat saya ini blessing in disguise,” ujar Amien Rais di Rumahnya, Condong catur, Sleman, Kamis (1/6/2017). Iyalah blessing (terberkati) lha, wong dapat duit kok, wkwkwk…

Menurut Amien, untuk menanggapi dan menerangkan tuduhan itu, ia berencana akan menggelar konferensi pers di rumahnya di Jakarta pada Jumat (2/6/2017). Tak hanya akan menggelar konferensi pers, Amien juga berencana mendatangi Gedung KPK di Jakarta dan bertemu langsung dengan ketua KPK.

Ia juga mengutarakan ingin mengungkap dua tokoh yang juga suka korupsi, wah, mulai buka-bukaan ini. Tapi, Amien Rais belum ingin transparan soal, siapakah tokoh tersebut.

“Saya akan menyampaikan juga laporan saya mengenai dugaan korupsi dua tokoh besar di negeri ini yang selama ini mengendap, tidak diapa-apakan. Siapanya, nanti,” kata Amien.

Sepertinya, makin seru saja, siapakah mereka? Kita tunggu saja kebenaran pasti akan terungkap.

 

Sumber : Kompas.com

 

Advertisements

Posted on June 2, 2017, in Hot News and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Haha…. dasar pejabat….

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: