Advertisements

5 Faktor Utama Penyebab Uban Tumbuh Di Kepala Manusia

1. Etnis

Dilansir dari Goodhousekeeping (4/6/2017), telah lama diketahui bahwa gen memainkan peran besar dalam pertumbuhan rambut beruban. Orang-orang dari etnis yang berbeda memiliki uban pada waktu yang berbeda pula. Rata-rata orang kulit putih memiliki uban pertama, di usia pertengahan 30-an, sementara orang Asia memiliki uban di usia 30-an, dan orang-orang keturunan Afro-Karibia baru beruban di usia pertengahan 40-an.

2. Gen

Pekan lalu, sebuah studi terobosan dari University College London mengidentifikasi gen IRF4 sebagai penyebab utama rambut beruban. Gen ini diketahui mempengaruhi melanin, yaitu pigmen yang memberi warna pada rambut, mata dan kulit, tapi ini adalah pertama kalinya ilmuwan menghubungkannya dengan rambut putih. Penemuan ini bisa membuka pintu untuk mencegah proses percepatan uban di masa depan.

3. Gaya Hidup

Kita semua pernah mendengar peringatan bahwa hobi berpesta dan minum-minuman keras membuat Anda bertambah tua lebih cepat, namun dalam beberapa dekade terakhir, sains telah menunjukkan bahwa ada beberapa kebenaran dari penelitian tersebut. Pada tahun 2007, dermatologi JAMA menerbitkan penelitian yang menunjukkan bahwa merokok, alkohol dan kecanduan obat-obatan terlarang menyebabkan peningkatan perkembangan uban.

4. Merokok

Di tahun 2013, Indian Online Dermatology Journal mengkonfirmasi bahwa ada kaitan yang signifikan antara merokok dan pertumbuhan rambut beruban sebelum berusia 30 tahun.

5. Stres

Stres tidak menyebabkan rambut menjadi putih namun berimplikasi pada banyak masalah kulit dan rambut. Misalnya, setelah sakit atau mengalami stres, orang dapat merontokkan rambut dengan cepat dan mungkin tumbuh kembali dengan warna yang berbeda.

(Nara Sumber : Dr Priyanjalee Perera & Dr Roopal Kundu, asosiasi profesor di bidang dermatologi di Northwestern University’s Feinberg School of Medicine).

 

Advertisements

Posted on June 4, 2017, in Beauty & Health and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: