Advertisements

Gawat! Usai Filipina ISIS Ingin Kuasai Indonesia?

Ada berita mengejutkan sekaligus bikin was-was yang datang dari Deputi bidang Kerja Sama Internasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irjen Hamidin, dilansir dari Metrotvnews (2/6/2017). Irjen Hamidin menyebut, jika kekuatan ISIS yang berbasis di Filipina semakin kuat. Hal ini tampak usai serangan besar yang coba dilakukan militer Filipina namun gagal memukul mundur ISIS.

Menariknya, setelah kekalahan ISIS di berbagai tempat, kelompok radikal itu kini mengincar wilayah lain di luar zona konflik kekuasaan untuk mengembangkan wilayah.

“Yang dipilih ada dua daerah, pertama Afghanistan ditempatkan di sepanjang perbatasan Rusia karena mereka tahu Rusia adalah pendukung ISIS terbanyak. Setidaknya ada 6438 pendukung dalam catatan saya,” ujar Hamidin.

Tak hanya di negara dengan pendukung ISIS terbanyak, para kubu teroris ini juga mengincar wilayah lain di Asia Tenggara untuk diduduki. Yang disinyalir kuat Indonesia.

Hamidin menyebut ketertarikan ISIS kepada Indonesia lantaran negara Pancasila memiliki banyak sel jaringan teroris yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan wilayah.

ISIS memandang Indonesia sebagai sleeping cell jaringan teroris lantaran Indonesia pernah bergesekan dengan kelompok radikal Jemaah Islamiyah (JI). Sebagian dari anggota JI mulai merapat ke barisan ISIS.

“Hanya persoalannya di Indonesia mereka tidak memiliki wilayah. Sedangkan ISIS ketika menduduki suatu tempat mereka membuat semacam pemerintahan baru,” kata Hamidin.

Hamidin menegaskan jika ISIS merencanakan membuat rumah sakit, mata uang hingga sistem pemerintahan sendiri. Sementara untuk membangun itu, di Indonesia mereka tidak memiliki wilayah untuk membuat basis.

Dulu, harapan ISIS ada pada jaringan Mujahidin Indonesia Timur atau lebih dikenal dengan jaringan Santoso. Pasca Santoso tewas, jaringan teroris lain kehilangan wilayah sehingga tempat sasarannya jatuh ke Filipina.

Surat kabar resmi milik ISIS sendiri mengungkap jika Filipina dipilih sebagai wilayah pengembangan basis lantaran ditunjuk langsung oleh pentolan ISIS di Suriah yang dikenal dengan Al Baghdadi.

Al Baghdadi, telah menunjuk Filipina sebagai provinsi basis yang kemudian akan dibuat semacam DPR yang disebut ahlu surah. Tak hanya itu, ISIS juga memiliki 4 batalyon tempur yang cukup kuat, ada yang namanya al syariah, al marakah, harakatul islamiyah, dan ansharul khilafah di Filipina.

“Mereka sangat terorganisir dan kuat. Kelompok yang berafiliasi dengan ISIS menyerang penjara di Lanao del Sur dan mereka sukses. Napi dilepaskan dan 8 pentolannya langsung berbaiat ke ISIS,” jelas Hamidin.

 

 

Advertisements

Posted on June 4, 2017, in Hot News and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: