Advertisements

Ternyata Kanker Serviks Yang Diderita Jupe Bisa Menular Lewat Tangan

Penyakit mematikan yang diderita Julia Perez alias Jupe, dilansir Detik (10/6/2017) bukanlah penyakit yang terbilang langka. Kanker serviks adalah penyakit yang bisa menyebar dan ada di sekitar kita, penyakit tersebut bisa menulari siapa saja.

“Dari 1.000 wanita, satu di antaranya terinfeksi kanker serviks,” ungkap Prof Dr dr Andrijono SpOG(K), Ketua Himpunan Ongkologi Ginekologi Indonesia (HOGI).

Walau berbahaya dan mematikan, penularan HPV (Human Papilloma Virus) dapat dicegah. Menurut Prof Andrijono virus ini menular lewat hubungan intim atau kontak seksual. Dengan menghindari perilaku seks berisiko, atau gonta-ganti pasangan tidak sah, maka penularan bisa dicegah.

Kabar buruknya, HPV ternyata bisa menular lewat jalur lain, misalnya kontak dari kulit ke kulit. Itu sebabnya para dokter mengingatkan kita untuk selalu menjaga kebersihan organ reproduksi, termasuk dengan tidak saling pinjam celana dalam.

“Bahkan lewat tangan juga bisa. Maka, selalu jaga kebersihan tangan,” pesan Prof Andrijono.

Pencegahan lain yaitu dengan vaksinasi HPV. Vaksin HPV tidak berbahaya seperti banyak kabar hoax yang beredar, pemberian vaksin HPV justru sangat dianjurkan dilakukan pada perempuan yang sudah maupun belum menikah.

Yang enggak kalah penting, resiko buruk dari kanker serviks bisa juga dicegah dengan skrining berupa papsmear dan IVA (Inspeksi Asam Asetat). Skrining digunakan untuk deteksi dini kanker serviks, proses skrinning sangat dianjurkan bagi perempuan yang sudah menikah.

“Hampir 70-80 persen pengidap kanker serviks datang ketika sudah stadium lanjut. Sudah 2b atau stadium 3, dan nggak bisa diapa-apain,” kata Prof Andrijono.

Nah, wanita selalu periksakan dirimu ya, mencegah penularan terjadi lebih baik dibandingkan mengobati. Berkaca dari kasus Julia Perez, penyakit mematikan ini bisa kok dideteksi sedari dini.

 

 

Advertisements

Posted on June 11, 2017, in Hot News, Infotaiment and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: