Selama sebulan umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa, menahan lapar dan haus selama sebulan penuh hingga di penghujung bulan Juni, demi merayakan hari kemenangan, hari raya Idul Fitri.

Tak hanya para artis Indonesia yang merasakan berkah Ramadan, para artis Hollywood ini juga ikut menjalankan ibadah puasa. Walau beberapa dari mereka banyak yang sudah terbuka dengan agamanya tapi di antara mereka ada juga yang masih abu-abu soal kepercayaannya.

Penasaran? Berikut 8 artis Hollywood yang menjalankan ibadah puasa!

1. Akon

Penyanyi Akon punya nama asli yang panjang banget, yaitu Aliaune Damala Bouga Time Bongo Puru Nacka Lu Lu Lu Badara Akon Thiam. Sudah bukan rahasia umum jika Akon adalah rapper muslim yang taat beribadah.

Bahkan sebuah lagu yang ia nyanyikan sempat bernuansa religius. Penggalan lirik lagunya yang berjudul Senegal itu berbunyi, “Jadi apa yang kamu ketahui tentang Tuhan dalam kehidupan kita, segala sesuatu yang kita lakukan adalah untuk Allah.”

2. Jermaine Jackson dan Janet Jackson

Sebelum saudaranya dinyatakan mualaf, mendiang Maichel Jackson, sang kakak telah lebih dahulu diberitakan menjadi seorang muslim. Sementara Jermaine Jackson merupakan kakak dari Janet Jackson dan Michael Jackson, telah lebih dulu memutuskan masuk Islam sejak 1989 silam. Ia memilih memeluk islam semenjak melakukan perjalanan ziarah ke Timur Tengah.

Sementara Janet Jackson telah memeluk agama Islam pada 2013 lalu. Dia memutuskan menjadi mualaf setelah menikah dengan seorang miliuner asal Arab bernama Wissam Al Mana.

3. Mike Tyson, Shaquille O’Neal, dan Kareem Abdul-Jabar

Petinju dan pebasket ini ternyata beragama islam lho, guys. Pertama, ada si kontroversial Mike Tyson, ia diperkenalkan pada islam saat dijebloskan ke dalam penjara di tahun 1992 hingga 1995. Dan di bulan Juli 2010 pertama kalinya ia pergi berziarah ke Mekah.

Kedua ada Shaquille O’Neal, salah satu pemain basket legendaris milik Amerika Serikat. Di tahun 2010, Big Shaq, julukannya, mengumumkan pada publik bahwa ia sudah memeluk agama Islam. Dia juga mengungkapkan keinginannya untuk naik haji saat konfrensi pers berlangsung.

Nama ketiga ialah Kareem Abdul-Jabbar dia pebasket hebat yang tercatat dalam sejarah NBA. Abdul-Jabbar mengubah namanya dari Ferdinand Lewis Alcindor Jr usai memutuskan menjadi mualaf.

4. Dr. Oz

 

Ada yang enggak kenal? Dia adalah sosok dokter yang terkenal, wajahnya sering tampil dalam talk show kesehatan dengan judul Dr Oz. Ia memiliki nama lengkap Dr Mehmet Cengiz Oz yang merupakan seorang ahli bedah jantung.

Dr Oz memiliki ayah dan ibu yang berdarah Turki. Dalam sebuah wawancara di tahun 2012, Oz mengungkapkan bahwa sejak kecil ia sudah di didik dengan gaya hidup muslim. Ia juga mengaku masih memeluk Islam.

5. Ellen Burstyn

Ellen Burstyn adalah aktris berkebangsaan Amerika Serikat yang pernah memenangkan Academy Award. Wanita berusia 84 tahun ini masih aktif bermain di beberapa film hollywood hingga kini.

Ia dikabarkan sebagai pemeluk islam sejak lama. Tapi hingga sekarang status agamanya masih menjadi perdebatan.

6. Ice Cube dan Snoop Dogg

Kalian pasti kenal rapper sekaligus aktor papan atas Hollywood yang satu ini? Ice Cube, sosoknya sering banget muncul di film besutan Hollywood. Sebelum karirnya di Hollywood semakin terkenal, ia pernah membuat pernyataan tentang agama yang dianutnya.

“Aku menyebut diriku sebagai pemeluk Islam yang natural, karena semuanya menjadi rahasia antara aku dan Allah saja.”

Meski begitu kabar apakah Ice Cube masih beragama islam atau tidak hingga sekarang masih jadi tanda tanya.

Snoop Dogg adalah rapper asal California yang sangat terkenal ia juga sering memproduseri penyanyi pendatang baru. Selain rapper ia juga pernah membintangi beberapa judul film. Pria bernama asli Calvin Cordozar Broadus itu juga diketahui pernah bermain di sejumlah film.

Pada Maret 2009 yang lalu Snoop dikabarkan telah menghadiri konvensi Nation of Islam (NOI) di Chicago, meski turut bergabung dalam NOI, tapi tidak ditemukan pernyataan yang menegaskan bahwa Snoop telah menjadi Muslim.

7. Zayn Malik, Gigi Hadid dan Bella Hadid

Mantan personel One Direction Zayn Malik dan kekasihnya Gigi Hadid serta klan Hadid lainnya, Bella Hadid adalah seorang muslim sedari kecil.

Gigi dan Bella Hadid serta Zayn Malik sama-sama berdarah campuran. Gigi dan Bella memiliki ayah berdarah Palestina, Mohamed Hadid, dan ibu berdarah Dutch, Yolan Foster.

Sementara itu, ayah Zayn, Yaser Malik, merupakan pria berdarah Inggris, Asia dan Pakistan, sementara ibunya yang bernama Tricia berasal dari Inggris.

Saat diwawancarai, salah satu model Victoria Secret, Bella Hadid pernah mengaku sebagai pemeluk islam. Sementara Gigi dan Zayn lebih memilih tidak mengutarakan masalah agamanya di hadapan publik.