Advertisements

Jika Muncul Ikan Ini Dianggap Bisa Bawa Bencana

Kabupaten Majene, Sulawesi Barat dihebohkan dengan dijualnya seekor ikan Oarfish yang panjangnya hampir 3,5 meter di tempat pelelangan ikan dadakan di dermaga Kabupaten Majene pada Jumat lalu, 16 Juni 2017.

Awalnya sang nelayan, Abdul Wais yang menemukan ikan itu untuk pertama kalinya mengira jika Oarfish adalah sejenis ikan layur, hingga pengunjung memberitahunya jika ikan yang ditangkap adalah Oarfish.

Dengan munculnya ikan tersebut masyarakat di sekitar daerah itu makin bertambah heboh, mereka mempercayai jika ikan tersebut muncul ke permukaan akan datang bencana. Oarfish dianggap pertanda terjadinya gempa bumi.

Dilansir dari Liputan6 (18/6/2017), Rezky Eko Muliawan, salah satu mahasiswa Jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor menceritakan tentang keberadaan Oarfish, ia juga membenarkan ikan tangkapan tersebut adalah Oarfish (Regalecus glesne).

“Dia disebut The Giant Oarfish, nama ilmiahnya Regalecus glesne,” kata Rezky.

Menurut Rezky, Giant Oarfish tersebut termasuk ikan laut yang habitatnya di kedalaman 1000 meter lebih di bawah permukaan laut. Jadi bisa saja mitos Oarfish mendatangkan bencana sangat mungkin dipercaya masyarakat Majene.

Rezky juga menjelaskan bahwa gempa di dasar laut itu memiliki banyak jenis. Namun, pergeseran lempeng bumi di dasar laut akan mengeluarkan karbonmonoksida dalam jumlah yang besar dan itu bisa mempengaruhi biota besar seperti Oarfish.

“Jadi mungkin (Oarfish) lebih peka terhadap pergerakan lempeng (bumi) di lautan.”

“Gas itulah yang menyebabkan biota laut yang habitatnya di dasar laut kemudian sakit dan muncul ke permukaan laut bahkan ada yang mati hingga terdampar di tepi pantai,” ujar Rezky.

Apakah mitos tersebut bisa dipercaya? Jika menelisik kejadian lalu, tepatnya pada 11 Maret 2011 silam sebelum gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter dan tsunami besar menghantam pantai timur Jepang, ditemukan banyak Oarfish yang terdampar di daratan pantai Jepang dan sebagian lagi tersangkut di jaring nelayan.

Kawanan Oarfish juga sempat muncul di permukaan laut sebelum gempa dahsyat muncul di Chille dan Haiti pada 2010 lalu.

Sobat juga percaya dengan mitos tersebut?

 

 

Advertisements

Posted on June 19, 2017, in Hot News and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: