Advertisements

Pakai 2 Cara Ini Untuk Melihat Kandungan Babi Dalam Makanan Kemasan Korea

Akhir-akhir ini mi asal Korea Selatan sempat membuat resah masyarakat karena diberitakan mengandung unsur babi. Hingga peredarannya ditarik karena ada 4 jenis mi yang positif mengandung babi.

BPOM sendiri mencabut ijin importir karena perusahaan tersebut tidak menyertakan lambang halal atau memberitahu komposisi babi dengan gambar kotak merah putih dan babi di kemasan mi tersebut.

Walau tidak menyertakan, sebenarnya komposisi babi telah tertulis di bagian belakang kemasan, hanya saja tulisannya menggunakan huruf Korea. Berhubung enggak semua orang fasih berbahasa atau membaca huruf Korea, maka sebagian masyarakat tidak tahu jika mi tersebut sebenarnya mengandung babi.

Lalu bagaimana caranya agar kita tidak salah membeli produk makanan asal Korea Selatan? Mengingat makanan Korea biasanya banyak mengandung unsur babi dan alkohol, berikut panduannya agar tak salah pilih seperti dilansir Bintang (20/6/2017).

1. Cek komposisi makanan

Pastikan tak ada kata 돼지 고기 (dwaeji gogi) yang artinya daging babi, biasanya dituliskan di bagian belakang kemasan. Jeomsim ID menyarankan untuk membaca secara teliti komposisi dalam bahasa aslinya, jangan hanya mengandalkan bahasa Inggris atau Indonesia.

Karena setelah diimpor tidak semua komposisi makanan yang tertera pada kemasan dialihbahasakan. Enggak cuma daging babi saja, pastikan juga tak ada bahan 돈지 (donji) alias lemak atau gelatin babi dan alkohol. Untuk produk seperti kue atau makanan instan asal Korea Selatan.

2. Pindai dengan aplikasi Halal Korea


Fitur scan dalam aplikasi dapat memudahkan pengguna untuk memindai barcode yang tertera dalam makanan kemasan asal Korea Selatan. Ada beberapa filter dalam pemindai yang bisa dipilih, yakni makanan bersertifikasi halal, bahan artifisial, alkohol, daging babi hingga produk turunan babi.

Sebelum membeli kamu bisa langsung scan barcode-nya lalu lihat hasilnya. Jika warna hijau yang muncul berarti bahan-bahan produk tersebut aman untuk dikonsumsi, dan jika warna merah berarti ada bahan yang tak diinginkan dalam produk itu. Aplikasi ini juga bisa memberitahu pengguna bila makanan tersebut diproduksi di pabrik yang bersentuhan dengan bahan haram sehingga kehalalannya diragukan. Gimana? Cukup mudah kan teliti dulu sebelum membeli ya!

 

 

Advertisements

Posted on June 22, 2017, in Beauty & Health, tips and trick and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: