Advertisements

Miris! Pekerja Di Pabrik Ivanka Trump Menerima Perlakuan Begini

Ivanka Trump, anak perempuan Donald Trump mengikuti jejak sang ayah dengan terjun berbisnis. Ivanka punya banyak bisnis yang tersebar di seluruh dunia sama seperti orang nomor satu di Amerika itu.

Fashion jadi salah satu bisnis yang sukses ia geluti, ia punya label fashion yang dinamakan sesuai namanya ‘Ivanka Trump’. Dan ternyata, pabrik busana mewah itu ada di Subang, Jawa Barat, Indonesia.

Namun, kamu akan menemukan hal yang mengejutkan di balik pabrik busana mewah milik Ivanka, seperti dilansir The Guardian (14/6).

The Guardian berhasil mewawancarai beberapa pekerja asal Indonesia di sana. Salah satunya pekerja buruh perempuan bernama Alila seperti dituliskan Vemale (14/6).

Alila dan Ahmad suaminya, bekerja di PT. BUMA, pabrik busana yang memproduksi label Ivanka Trump. Cukup lama bekerja di pabrik tersebut, ia hanya mampu menyewa kontrakan kecil untuk tinggal.

Alila bahkan tak tinggal bersama anak-anaknya karena hunian yang sempit, ia menitipkan sang anak ke rumah orang tuanya di kampung. Ia hanya mampu mengunjungi buah hatinya sekali dalam sebulan, dengan catatan, ia dan suami punya cukup uang untuk beli bensin motor. Apalagi jarak tempat tinggal dan kampung Alila sangat jauh, butuh waktu berjam-jam untuk sampai.

Penghasilan Alila dan suami di pabrik tersebut adalah gaji dengan batas terendah UMR Subang, yaitu Rp2,3 juta. Menurut pengakuannya gaji sebulan itu tak cukup untuk dipakai memenuhi kehidupan sehari-hari. Apalagi harga susu formula yang kian melonjak.

Buku yang ditulis Ivanka Trump

Rasanya makin ironis setelah kita membaca buku yang ditulis Ivanka Trump dengan judul “Women Who Work”, dimana dalam buku tersebut ia menyarankan para wanita untuk memiliki work, life & balanced. Jika menengok kehidupan Alila rasanya cukup miris juga ya, enggak sesuai dengan isi bukunya.

Kisah sedih lainnya dirasakan pekerja perempuan bernama Sita (23), ia mengaku sudah tak tahan bekerja di PT Buma. Karena dipaksa bekerja lembur tanpa bayaran. Praktik ini menurut keterangan beberapa pekerja Indonesia, sangatlah lumrah dilakukan perusahaan. PT Buma sengaja mengatur target yang sangat tinggi (dan tidak masuk akal) untuk memaksa para karyawan bekerja di luar jam kerja tanpa bayaran, sebagai hukumannya.

“Mereka (manajemen) makin pintar, kartu akses kita tetap di-tap jam 16.00, sehingga tak ada bukti (tak ada bukti pelanggaran jam kerja),” ujar Wildan salah satu pekerja.

Yang lebih menyakitkan, PT.Buma sering melakukan PHK jelang Ramadan tiba, agar tak perlu membayarkan THR milik karyawan. Mereka akan mulai melakukan rekruitmen pekerja baru setelah libur Lebaran.

Selain gaji yang sangat kecil, pekerja pabrik juga seringkali mendapatkan kekerasan secara verbal. “Nama-nama binatang, Bodoh, Monyet,” menurut Otang, salah satu karyawan PT Buma, adalah kata-kata yang sering diucapkan manajemen kepada pekerjanya.

Menurut Organisasi Buruh International, upah buruh garment di Indonesia termasuk yang paling kecil. Kebutuhan masyarakat kepada lapangan kerja sangatlah tinggi di Indonesia.

“Dengan masalah kemiskinan di sini (indonesia), praktik-praktik ini menjadi legal, namun bukan berarti ini bermoral,” ujar Aktivis buruh asal Amerika yang cukup lama tinggal di Indonesia, Jim Keady.

Wah, kasihan juga ya sob! Tingginya permintaan lapangan kerja berbanding terbalik dengan penyediaan lapangan kerja itu sendiri. Sayangnya, hal ini juga turut menyeret nama Ivanka Trump sebagai sang pemilik label. Kalo menurut kamu semua gimana guys solusinya?

 

 

 

Advertisements

Posted on June 26, 2017, in Come On Share, Fashion, Hot News and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: