Advertisements

Unik! Dokter Saraf Ganteng Asal Boston Ini Bisa Rasakan Sakit Yang Diderita Pasien

Apa jadinya jika sobat punya kemampuan merasakan rasa sakit yang diderita orang lain? Pasti horor juga ya.

Kenyataannya ada orang-orang tertentu yang mengalaminya, salah satunya adalah seorang dokter saraf asal Boston, Amerika Serikat.

Berwajah tampan, Joel Salinas salah satu lulusan University of Miami Miller School of Medicine di Amerika Serikat, ternyata mengalami kondisi langka yang membuatnya mampu merasakan rasa sakit orang lain, termasuk pasiennya sendiri.

Dilansir Liputan6 (11/7/2017) dan CBS (11/7/2017), hal tersebut sudah ia rasakan sejak kecil, nama kondisi langka yang diderita pria kelahiran 1983 itu disebut sinestesia (mirror-touch synesthesia). Menurut ilmu kedokteran hanya ada dua persen manusia dari populasi dunia yang punya kondisi serupa seperti yang dialami Salinas.

“Saat saya kecil, setelah saya mampu merasakan rasanya dipeluk ketika melihat orang lain dipeluk, lalu saya bisa juga merasakan sakitnya ketika melihat orang lain tertabrak mobil.”

“Ketika saya melihat orang lain disentuh, saya bisa merasakan sensasi yang dirasakan orang tersebut. Ini semacam refleksi dari cermin, sehingga saya benar-benar bisa merasakan sama seperti yang orang lain rasakan,” ungkap Joel Salinas.

Karena rasa sakit yang dirasakan begitu nyata kebanyakan orang dengan kondisi sinestesia biasanya bakal mengalami depresi dan rasa cemas yang mendalam. Kebanyakan dari mereka punya beban mental karena harus setiap hari merasakan rasa sakit milik orang lain.

Dilansir People (10/7/2017), Salinas menceritakan rasa sakit yang ia alami saat masih duduk di bangku kuliah kedokteran, saat itu ia harus merawat seorang pasien yang lengannya diamputasi akibat kecelakaan.

“Saya ingat betul saat itu saya merasa seolah lengan saya dipotong dan bisa merasakan darah turut mengalir,” ungkapnya.

Walau membuat tubuhnya sakit kini ia menjadikan kondisi langka yang dialaminya justru menjadi kekuatan baru untuk berkomunikasi dengan pasien. Yang pasti si pasien bisa lebih cepat sembuh karena sang dokter juga bisa merasakan rasanya didera rasa sakit.

Kira-kira kalo rasa sakit ditinggal mantan nikah pak dokter bisa rasain juga enggak ya? Hehehe.. siapa tau bisa berbagi rasa sakit sama para jomblo biar cepat sembuh *eh…

Btw, banyak banget ya kata sakitnya..hehehe..

 

 

Advertisements

Posted on July 11, 2017, in Special Section and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: