Advertisements

Lumpuh Usai Vaksin? Begini Yang Sebenarnya Terjadi..

Akhir-akhir ini media dihebohkan dengan kasus kelumpuhan usai vaksin, benarkah demikian? Ayo, kita cari tahu kebenarannya berdasarkan pemeriksaan tim medis.

Niken Angelia dikabarkan sulit berjalan usai diberikan imunisasi Measles Rubela (MR). Tim medis pun langsung turun tangan memeriksa keadaan Niken, begini yang didapati para dokter mengenai kelumpuhan yang diderita Niken.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr Kariadi Semarang, dr Darwito, mengatakan penyebab kelumpuhan Niken bukan karena vaksin, Niken diduga telah lama mengidap kelainan namun penyakitnya baru muncul beberapa hari pasca-imunisasi atau vaksinasi.

“Setelah diteliti dokter kami, kelainannya sudah lama mengalami kelemahan dari tungkai,” kata Darwito.

Menurut Darwito, Niken saat pertama masuk di RSUP dr Kariadi Semarang hari Sabtu (12/8) lalu diketahui mengalami Parese atau lemahnya gerak badan.

“Kelainan anggota gerak bawah. Parese, bukan lumpuh.” Jelas Darwito.

Tim dari RSUP dr Kariadi juga telah mendatangi Kabupaten Demak, tempat asal pasien tinggal. Hal itu untuk mengetahui kebenaran dari informasi soal penyebab kelumpuhan.

“Dari vaksin 780 target sehari waktu itu, hanya 1 (hanya Niken), itu mungkin faktor komorbiditas. Jadi tidak ada hubungannya dengan vaksin dan penyakit tersebut,” terang Darwito.

Tapi untuk memastikannya, saat ini perawatan masih terus dilakukan di bangsal anak. Langkah prosedur diagnosa dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) sudah dilakukan pagi tadi (15/8). Hasilnya diperkirakan diketahui 2 hari lagi.

“Sudah di-MRI. Nanti kita lihat hasil MRI, sekitar dua hari lagi,” kata humas RSUP dr Kariadi Semarang, Parna.

Niken yang semula diberitakan mengalami lumpuh dari pinggang ke bawah. Kini kondisinya telah dinyatakan membaik oleh tim medis. Sementara orang tua Niken menandatangani pernyataan agar tidak lagi dipublikasikan. Dikabarkan, saat ini kaki Niken juga sudah mulai bisa digerakkan.

Wah, jangan sampai karena berita ini terus pada enggak mau vaksin, kan bisa bahaya. Fyi, vaksin enggak menyebabkan kelumpuhan ya guys, perlu digarisbawahi! Ayo, segera bawa anak anda untuk kebutuhan vaksin yang diperlukan si kecil!

 

Sumber : detikcom

 

Advertisements

Posted on August 15, 2017, in Hot News and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Dan sepertinya MUI belum keluarkan fatwa tentang fatwa tsb. Dan jujur saja, banyak dari tenaga kesehatan yang takut bahkan menunda memberikan vaksin tsb pada anaknya

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: