Advertisements

Lihat Disini Komentar Pengamat Gadget Tentang ‘Kebakaran Mobil Yang Disebabkan Powerbank’!

Pada Jumat lalu, tepat di Hari Raya Idul Adha (1/9), sebuah mobil Honda Brio dan satu unit Vespa tua terbakar di kawasan Tambun.

Penyebabnya memang masih belum diketahui secara pasti, namun dari rumor yang beredar Brio tersebut terbakar karena sebuah powerbank.

Sementara sang pemilik sendiri membantah kabar tersebut. Jika memang hoax, mampukah sebuah powerbank meledakkan mobil? Begini komentar pengamat gadget.

Lucky Sebastian menyebutkan, jika powerbank yang tersambung ke lighter di mobil tidak akan berfungsi jika mobil dalam kondisi mati.

“Rumornya karena ada powerbank yang sedang tersambung dengan colokan lighter, sehingga powerbank meleleh, itu hoax saja. Karena kalau kondisi mobil mati, begitu pula colokan lighter tidak akan berfungsi,” ungkap Lucky.

Namun terlepas dari kondisi tersebut, pengguna gadget disarankan untuk tidak sembarangan meletakkan powerbank, terutama di tempat yang terkena terik matahari atau panas berlebih, misalnya aja di atas dashboard mobil, atau di dalam mobil yang terjemur.

“Bagaimanapun powerbank kebanyakan berisi baterai lithium-ion. Sama dengan smartphone, sangat rentan rusak karena panas berlebih,” kata Lucky.

Lucky menjelaskan, jika di dalam baterai lithium-ion terdapat berlapis-lapis bahan katoda dan anoda dengan jarak yang sangat tipis. Jadi saat terkena panas berlebih, bahan ini mampu memuai dan saling menempel sehingga menimbulkan korsleting, seperti saat kita mempertemukan kutub positif dan negatif baterai.

“Korslet ini bisa menyebabkan kebakaran. Kalau pun tidak sampai terbakar, powerbank yang sering terkena panas berlebih akan mudah rusak atau tidak awet. Karena panas yang berlebih akan menyebabkan reaksi kimia yang menghasilkan gas berlebih, yang sering kita lihat efeknya baterai menjadi kembung,” jelas Lucky.

ia juga menyarankan agar pengguna gadget teliti memilih powerbank yang bagus kualitasnya. Waspada pada sejumlah powerbank yang menawarkan harga murah namun menawarkan kapasitas tinggi.

“Salah satu part yang banyak dihilangkan pada powerbank murah, selain kapasitas yang tidak sesuai adalah sirkuit yang mengatur keamanan, seperti pencegah over-charge dan pengontrol panas. Jika lupa dan terus menerus di-charge, powerbank ini rentan rusak, atau malah mungkin saja terbakar karena panas berlebih akibat over-charge,” saran Lucky Sebastian.

Mungkin memang kebakaran Brio tidak disebabkan oleh powerbank, namun gadget semacam powerbank bisa menyebabkan arus listrik yang menyebabkan kebakaran. Waspada selalu ya guys, saat menaruh benda-benda yang mudah korsleting itu! Jangan sembrono apalagi jika kamu meletakkannya di benda berharga semacam mobil!

 

Sumber : detikInet

 

Advertisements

Posted on September 5, 2017, in Hot News and tagged , , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. Berarti memang bukan powerbank penyebabnya.. dari pengamat udh bilang kelistrikan mobil off tdk membuat pb hidup apalagi terbakar dan pernyataan si pemilik sendiri memang tidak meletakkan pb di mobil.. Honda selaku produsen baru selidiki masalah ini.. kayaknya ini yg bermasalah mobilnya deh.. imo

    Liked by 1 person

  2. Terbakar api cemburu pernikahan Raisa? Loohhhh

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: