Advertisements

Sakit Maag Bisa Sembuh Tanpa Obat, Begini Caranya!

Penyakit lambung, seperti sakit maag kalo udah kambuh, duh.. rasanya enggak enak banget, sakit hingga ke ulu hati biasanya disertai rasa pusing dan muntah.

Biasanya kalo udah kambuh begini kebanyakan orang bakal mengandalkan obat-obatan untuk menetralkan asam lambung.

Namun menurut penelitian terbaru! Rutin mengonsumsi obat maag proton pump inhibitor atau disingkat PPI seperti pantoprazole atau rabeprazole dapat mengurangi produksi asam lambung, yang justru berpotensi meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal.

Wah, horor banget, meneyelamatkan lambung jatuhnya malah gagal ginjal, kalo sudah begini bisakah mengatasi penyakit maag tanpa menggunakan obat?

Ternyata jawabannya bisa! Menurut dr Kevin William Hutomo, dokter umum dari RS Permata Depok, maag dapat diatasi tanpa obat dengan cara simpel, yaitu mengatur pola jam makan secara teratur.

“Biasakan sarapan, makan siang, dan makan malam di waktu yang sama (setiap hari), agar saat asam lambung dikeluarkan ada makanan yang diproses oleh lambung,” ujar dr Kevin.

Hal ini, bisa mencegah asam lambung menjadi gas saat tidak adanya makanan yang diproses di lambung. Sebab gas di dalam lambung tersebut bisa menekan kubah lambung, sehingga rasanya sesak dan sakit.

Dilansir detikhealth, berikut adalah makanan yang direkomendasikan dr Kevin untuk meredakan sakit maag tanpa harus minum berbagai obat:

1. Kentang rebus

Dikatakan dr Kevin kentang rebus bersifat alkali sehingga dapat menetralisir asam lambung sebelum makan, makanan lain.

2. Brokoli

Selain baik untuk tulang, brokoli punya sumber kalium, sulfur, dan vitamin C yang baik bagi penderita penyakit maag kronis. Sayuran yang tak berserat dan tidak menimbulkan gas lainnya adalah labu kuning, labu siam, dan wortel.

3. Bubur Ayam

Kalo yang ini sih enggak cuma penderita maag aja yang doyan yang normal juga suka sama bubur ayam, hehe..

Namun, saat sakit maag sebaiknya makanlah makanan lunak seperti bubur yang sangat berguna untuk meringankan rasa sakit pada lambung.

4. Buah-buahan

Buah-buahan juga bermanfaat dalam mengurangi penumpukan zat asam lambung. Buah-buahan seperti pisang, melon, pepaya, dan tomat mengandung kalium yang baik untuk menyeimbangkan pH (derajat asam) dalam lambung.

5. Permen

Dijelaskan dr Kevin jika aktivitas mengunyah seperti mengunyah permen manis bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basah, sehingga mampu menetralisir asam lambung.

Pilih permen yang manis jangan yang rasa mint atau kecut hindari juga permen dengan rasa pedas di mulut, apalagi permen karet.

“Jangan makan permen karet karena manfaatnya bisa kebalikannya. Kekenyalan menyebabkan produksi asam lambung meningkat berlebih,” pesan dr Kevin.

 

 

Advertisements

Posted on November 13, 2017, in Beauty & Health, Man Corner and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: