Advertisements

Viral Meterai Murah Banyak Beredar, Begini Cara Bedakan yang Asli dan Palsu!

Barang kecil yang sangat penting dalam pembuatan surat-surat berharga ini sudah ada ekstraknya! Yups, kali ini giliran meterai yang dipalsu!

Meterai palsu yang sekarang beredar luas ini sangat merugikan masyarakat, apalagi dijual di online dengan harga yang miring! So, jangan sampai terkecoh!

“Ada itu sekarang lewat online, banyak itu, tadi disampaikan indikasi mana yang asli dan mana yang palsu, yang ilegal itu adalah yang tidak di cetak peruri dan tidak dijual oleh Pos, ciri-cirinya enggak masuk,” jelas Kasubdit Administrasi dan Informasi Penerimaan Direktorat Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan, Samingun di Kantor Pusat Ditjen Pajak.

Setiap tahunnya ada sekitar 800 juta meterai yang dibutuhkan di Indonesia, tingginya kebutuhan jadi peluang oknum tak bertanggung jawab untuk memalsukan meterai.

Menurut PP Nomor 28 Tahun 1986 tentang pengadaan, pengelolaan dan penjualan benda meterai, hanya dua perusahaan yakni BUMN dan PT Pos Indonesia yang berhak sebagai penjual resmi, sementara Perum Peruri sebagai perusahaan pencetak.

Mengenai daerah mana saja yang banyak ditemukan meterai ilegal, begini jawab Samingun!

“Nah tadi disampaikan di beberapa daerah, ada di Pare-Pare, Bulukumba, Jakarta juga ada yang menawarkan meterai dengan harga murah,” ujarnya.

Untuk membedakan meterai yang asli dan palsu hampir mirip seperti mengenali uang kertas rupiah, yaitu dengan 3D. Dilihat, diraba, dan yang ketiga adalah dengan digoyang.

Dengan menggoyang, hologram yang ada di meterai bakal berubah warna jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, sedangkan yang palsu tidak berubah.

 

Sumber : detik.com

 

Advertisements

Posted on November 28, 2017, in Hot News and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: