Advertisements

Berikut 7 Tips Mencetak Anak Cerdas dan Sukses!

Beberapa orang sering bilang kalo orang sukses itu enggak selamanya berpendidikan! Sebut saja Mark Zuckerber dengan Facebook-nya atau Bill Gates dan Microsoft-nya. Eitss.. siapa bilang, walaupun Mark sempat berstatus mahasiswa DO, nyatanya setelah fokus dengan Facebook, Mark tetap melanjutkan kuliahnya, loh. Sementara anak-anak Bill Gates sendiri diberi pendidikan terbaik, dengan disekolahin di universitas ternama.

Pict : Fluentu.com

Benarkah kesuksesan tidak terpengaruh dengan kemampuan seseorang menyelesaikan studinya?

Begini hasil penelitian Jonathan Wai, dari Duke University di North Carolin dan Heiner Rindermann, dari German Chemnitz University of Technology. Meneliti 11.745 pemimpin AS, kepala eksekutif, politikus, pebisnis hingga para hakim federal.

Penelitian yang berlangsung hampir 45 tahun itu, berhasil menyimpulkan bahwa anak yang lulus kuliah lebih mudah mendapatkan gelar doktor, dan dua kali lebih mungkin meraih gelar PhD di bidang sains, teknologi, engineering dan matematika, dibandingkan dengan anak-anak cerdas tapi tidak berkuliah.

Penelitian itu juga menemukan jika sebagian besar pemimpin sukses berhasil merampungkan kuliahnya, dan kebanyakan dari mereka merupakan jebolan universitas elit. 94 persen pemimpin yang disurvei pernah kuliah di universitas, di mana setengahnya adalah tamatan salah satu universitas terkemuka di AS.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sepertiga multimiliarder adalah jebolan universitas elit di Amerika Serikat. “Bagi siswa yang berbakat dan memiliki motivasi untuk mencapai posisi puncak di AS, sebuah perguruan tinggi elit mungkin bisa membantu mencapainya, entah itu karena jaringan yang didapatkan atau karena informasi universitas di CV,” kata peneliti.

Serupa dengan Amerika, di Inggris para jebolan hukum dari Oxford atau Cambridge lebih dari 70 persennya adalah pengacara dan hakim terkemuka.

-Teori Lama-

Lagi-lagi ada penelitian yang mematahkan sebuah teori lama, agak mengejutkan nih menurut mimin:

Pertama: Kinerja yang hebat berasal dari praktik.

Kedua: Setiap orang bisa mencapai puncak sukses dengan usaha yang cukup terfokus.

Penelitian berjudul Study of Mathematically Preccious Youth, yang dilakukan pada 5.000 anak cerdas dan berbakat, sejak penelitian pertamanya di tahun 1971 di Johns Hopkins yang hingga sekarang dilanjutkan para ilmuan dari Vanderbilt University.

Menemukan, anak-anak yang telah beranjak dewasa itu sekarang sedang berada di puncak karir mereka. Dalam Jurnal Ilmiah Nature, penelitian menunjukkan kecerdasan kognitif yang dimiliki seseorang sangat berdampak pada kesuksesan ketimbang faktor lain seperti status sosial dan ekonomi.

Namun, para ilmuan memperingatkan agar orang tua tidak memaksa anaknya menjadi genius. Karena bisa menimbulkan berbagai masalah sosial dan emosional.

Tapi dalam beberapa kasus jika anak tersebut berbakat namun tidak mengikuti passion-nya bakal terasa percuma. Enggak sedikit kan yang terlahir pintar tapi tidak menekuni hal yang ingin ia geluti.

Kalo begitu mimin bakal kasih 7 tips supaya anak-anak sobat bisa meraih kesuksesan di kemudian hari:

1. Papar anak dengan berbagai pengalaman.

2. Bila seorang anak menunjukkan minat atau bakat yang kuat, berikan kesempatan untuk mengembangkannya.

3. Dukung kebutuhan intelektual dan emosional.

4. Bantu anak mengembangkan ‘mindset untuk berkembang’ dengan memuji usahanya.

5. Dorong anak-anak untuk mengambil risiko intelektual dan bersikap terbuka dengan kegagalan yang membantu mereka belajar.

6. Waspadai label berbakat karena bisa menjadi beban emosional.

7. Bekerjasamalah dengan guru untuk memenuhi kebutuhan anak.

Pendidikan itu penting. Yuk, peduli pendidikan!

 

Sumber : Detik.com

 

Advertisements

Posted on January 22, 2018, in Career, tips and trick and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: