Advertisements

Waduh! Albothyl Berbahaya! Peredarannya Sekarang Ditarik!

Ada berita heboh nih guys! Siapa yang sering pake obat Albothyl? Itu tuh obat serba guna yang katanya mampu menyembuhkan sariawan, sakit gigi, luka luar sampai obat yang bisa dipakai untuk menyembuhkan keputihan.

Nah, sayangnya obat yang udah lama edar ini, sekarang dinyatakan berbahaya! Apalagi saat surat rekomendasi BPOM bocor di medsos, yang seketika itu juga viral.

Surat rekomendasi BPOM yang ditujukan untuk PT Pharos Indonesia itu menuliskan sejumlah hasil kajian. Diantaranya, dituliskan jika kandungan policresulen yang ada pada albothyl itu tidak ada bukti medis/ilmiahnya. Penggunaannya berbahaya, dan sudah tidak lagi direkomendasikan sebagai obat-obatan bedah.

Surat edaran BPOM pada PT Pharos tentang kandungan Albothyl

Selain itu sudah ada banyak laporan dari konsumen dalam 2 tahun terakhir, totalnya ada 38 laporan yang diterima BPOM. Kabarnya sih para dokter sering menerima pasien dengan keluhan efek samping obat Albothyl untuk pengobatan sariawan.

Misalnya efek samping serius! Saat diobati, sariawan makin membesar dan berlubang hingga menyebabkan infeksi.

Mimin juga mau cerita sedikit nih, soal pengalaman mimin dulu pakai obat albothyl buat nyembuhin sariawan, hasilnya sih enggak sembuh-sembuh malah makin gede dan setiap kali obat ditaruh di luka sariawan rasanya perih banget, cairannya yang kecoklatan juga nempel di gigi waktu disikat kok enggak keluar-keluar πŸ˜₯ Jadilah gigi mimin terlihat coklat, hmm.. Setelah itu enggak pernah lagi pakai albothyl deh. Kalo sobat gimana? Punya pengalaman yang sama?

Karena banyaknya laporan, BPOM pun langsung melakukan kajian bersama para ahli farmakologi dari universitas dan klinisi dari asosiasi profesi medis. Apakah penggunaan policresulen ini aman atau tidak? Dan hasilnya!

“Diputuskan (Policresulen) tidak boleh digunakan sebagai hemostatik dan antiseptik pada saat pembedahan serta penggunaan pada kulit (dermatologi); telinga, hidung dan tenggorokan (THT); sariawan (stomatitis aftosa); dan gigi (odontologi),” ucap Humas BPOM.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun segera membekukan izin edar Albothyl bentuk cairan obat luar konsentrat. BPOM juga memerintahkan agar obat yang beredar di pasaran segera ditarik, paling lambat 1 bulan setelah surat keputusan beredar.

Nah, buat sobat semua yang udah terbiasa pake obat ini untuk menyembuhkan sariawan mulai sekarang bisa menggantinya dengan obat pilihan lain yang mengandung benzydamine HCl, povidone iodine 1%, atau kombinasi dequalinium chloride dan vitamin C.

Salam sehat guys!

 

Sumber : Kumparan.com

 

Advertisements

Posted on February 16, 2018, in Beauty & Health, Hot News and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. Waduh saya dari kecil sdh pakai pula

    Liked by 1 person

  2. Waduh… Saya sering pakai.. Mana baru beberapa hari yg lalu beli, msh banyak.. Ya sudah, buang saja klo gitu.. Xixi

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: