Advertisements

Ayo, Hiasi Dinding Rumahmu Dengan Teknik Stensil!

Dinding rumah sobat terlihat monoton? Pengen lebih atraktif? Udah coba pasang wallpaper ama wallsticker tapi takut meninggalkan bekas di tembok, kenapa enggak coba aja teknik stensil!

Stensil atau stencil adalah teknik mengecat yang sudah cukup lama dikenal, dengan dicat menggunakan teknik ini dinding rumah kamu terlihat seolah ditempeli wallpaper loh guys.

Pengerjaannya memang memakan waktu cukup lama dibanding wallpaper yang tinggal ditempel, tapi hasilnya sama-sama memikat. Stensil sendiri adalah cara mengecat menggunakan cetakan sebagai alat utamanya.

Cetakan yang digunakan bisa berbahan kertas tebal, karton, atau plastik mika. Untuk polanya dapat berupa motif, seperti bunga, geometris, dedaunan, huruf, angka, hingga sebuah kalimat.

Sobat juga bisa mendesain sendiri pola yang diinginkan. Pola itu nantinya bakal dicetak, dipotong, dilubangi dengan gunting atau cutter.

Sebaiknya, sobat jangan lupa bersihkan dinding terlebih dahulu sebelum menerapkan teknik stensil ini. Jangan lupa gunakan dua warna yang berbeda biar jauh lebih hidup, dikombinasi dengan 3 hingga 4 warna cat sekaligus juga cakep!

Warna yang berbeda nantinya dapat menciptakan kontras dan menonjolkan pola pada gambar.

Selanjutnya, siapkan bahan-bahan lain yang diperlukan dalam proses pengecatan, seperti cat, roller busa, kuas, dan lem.

Kuas berfungsi untuk mengecat sudut-sudut gambar yang tajam dan kecil. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan percobaan terlebih dulu di bidang lain.

Cobalah untuk mengecat menggunakan cetakan yang sudah ada biar melatih tangan dan melihat kecocokan perpaduan warna.

Kalo udah menguasai, mulailah kerjakan di dinding. Tahap pertama, tempellah cetakan menggunakan selotip. Celupkan rol ke dalam cat, tiriskan, dan aplikasikan ke dinding.

Setelah selesai, lakukan proses yang sama ke bagian dinding lain hingga tercipta tampilan dinding dengan gambar yang diinginkan.

Kuncinya cuma satu, harus teliti, biar hasil gambar bisa rapi, apalagi untuk gambar yang sedikit rumit.

Menariknya, teknik ini bisa banget loh diterapkan ke media lain seperti furnitur. Tertarik bereksperimen di rumah untuk tampilan dinding yang lebih colourful? Kalo gitu jangan lewatkan teknik yang satu ini!

 

Sumber : Majalahasri.com

Advertisements

Posted on March 15, 2018, in Home Decor and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: