Advertisements

Ajarkan Murid Belajar Komputer, Guru ini Pakai Papan Tulis, Salut Perjuangannya!

Ada yang masih ingat enggak viralnya foto seorang guru yang mengajarkan komputer dengan media tak biasa. Foto yang sempat mencuri perhatian tersebut memperlihatkan si pak guru yang teliti menggambar Microsoft Word di papan menggunakan kapur.

Pak guru gahol sekali bajunya. Ngepinkkk!! hihihi..

Atas dedikasinya yang menyentuh hati itu, si pak guru yang bernama Richard Appiah Akoto diundang langsung loh, guys sama Microsoft.

Guru komputer asal Ghana ini menceritakan perjuangannya yang harus mengajar komputer dengan papan tulis dalam sebuah acara di Education Exchange. Acara yang digelar di Singapura tersebut membawa Richard terbang jauh. Kata pak guru sih, ini pertama kalinya ia meninggalkan Ghana.

Perkumpulan yang dihadiri hampir 400 pengajar dari 91 negara ini bertujuan untuk mencari cara baru dalam mengajarkan murid agar sukses di era digital. Begini cerita Richard yang harus mengajar dengan media seadanya di Ghana!

“Saya ingin mengajarkan mereka bagaimana menggunakan Microsoft Word. Tapi saya tidak punya komputer untuk menunjukkannya kepada mereka.”

“Saya harus melakukan yang terbaik. Jadi, saya memutuskan untuk menggambar layar tampilan yang semirip mungkin dengan aslinya di papan tulis menggunakan kapur,” ujar Richard.

Hal itu ia lakukan, karena satu-satunya komputer milik sekolah Betenase Municipal Assembly Junior High di Sekyedumase, sebuah kota kecil di Ghana, tempatnya mengajar sedang rusak. Parahnya lagi, laptop yang ia punya juga mengalami kerusakan.

“Mereka sebenarnya punya sedikit pengetahuan mengenai komputer, tapi mereka tidak tahu bagaimana benar-benar mengoperasikannya secara langsung,” kata Akoto.

Berkat viralnya kisah ini, Microsoft pun langsung menawarkan bantuan untuk menyediakan perangkat beserta software bagi sekolah tersebut. Selain itu, Akoto juga diganjar sertifikasi Microsoft Certified Educator (MCE) dari perusahaan piranti tersebut.

Sebelumnya, Richard membagikan pengalamannya mengajar komputer dengan papan tulis lewat akun Facebook miliknya dengan nama Owura Kwadwo Hottish. Hingga saat ini postingannya sudah disukai hingga 9 ribu kali. Moga makin semangat lagi ya pak ngajarnya! Dunia ini butuh lebih banyak guru seperti bapak!

 

Sumber : detik.com

Advertisements

Posted on March 16, 2018, in Hot News and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: