Advertisements

9 Fakta-Fakta Mengerikan Seputar Napi Teroris di Mako Brimob!

Heboh banget nih guys, seputar penyanderaan polisi yang dilakukan para napi teroris di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, pada Selasa sore (8/5/2018), pukul 17.00 WIB.

Setelah sekitar 36 jam kerusuhan di dalam lapas itu terjadi, ada sekitar 8 ledakan bom hingga penyanderaan polisi yang mengerikan hingga membuat 5 orang polisi harus gugur! 😥

Setelah operasi penanggulangan berakhir maka terkuak lah sejumlah fakta menyedihkan terkait napi teroris di Mako Brimob, apa saja? Berikut yang mimin rangkum!

1. Operasi penanggulangan napi berakir pada pagi hari 

“Operasi sudah berakhir pada pukul 07.15 WIB tadi,” ujar Wakapolri Komjen Syafruddin dalam jumpa pers di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/5/2018).

2. Usai diamankan para napi dipindahkan 

Seluruh napi teroris yang berada di Mako Brimob dipindahkan ke Lapas Nusakambangan.

3. Ratusan napi terlibat kerusuhan tersebut

Ternyata ada sekitar ratusan teroris yang terlibat pemberontakan di Mako Brimob. Mereka merebut senjata dan menyandera polisi.

“Jadi yang melakukan seluruh tahanan jumlahnya 156 orang melakukan penyanderaan terhadap sembilan anggota Polri,” kata Wakapolri Komjen Syafruddin dalam jumpa pers di Markas Direktorat Polisi Satwa Baharkam Polri, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

4. Polri tetap dingin meski 5 rekannya dibunuh dengan sadis

Penanganan kerusuhan yang berakhir setelah 36 jam tersebut menelan nayawa 5 anggota kepolisian. Menurut Syafruddin para polisi tetap dingin meski 5 rekannya dibunuh dengan keji.

“Polri menangani sepersuasif mungkin dan berkepala dingin. Saya menekankan ke tim untuk berkepala dingin meski temannya jadi korban pembunuhan,” ujar Syafruddin.

Ratusan polisi terlibat dalam proses penanggulangan teroris ini. Lingkungan sekitar Mako Brimob pun turut diamankan.

5. Penyebab napi teroris membuat kerusuhan di lapas

Awalnya polisi menyatakan bahwa penyebab kerusuhan adalah makanan. Namun belakangan diketahui ada tuntutan lain dari para teroris tersebut.

Pihak Polri membenarkan napi teroris yang menyandera 1 anggota Densus 88 di Mako Brimob menuntut sejumlah hal, salah satunya bertemu terdakwa teroris bom Thamrin, Aman Abdurrahman. Lalu apa alasannya?

“Ya biasa, itu kan sebagai pimpinannya,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018).

Apakah sang pimpinan menuntut dibebaskan? Setyo menampik. Menurutnya, para napi teroris hanya ingin bertemu Aman.

6. 5 polisi yang disandera tewas akibat gorokan di leher, sementara 1 polisi bebas

Lima polisi gugur setelah disandera para teroris. Sementara ada satu polisi yang bebas.

“Yang jelas, dari 5 rekan-rekan yang gugur, mayoritas luka akibat senjata tajam di leher. Saya ulangi, akibat senjata tajam di leher. Luka itu sangat dalam,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen M Iqbal di Mako Brimob, Rabu malam (9/5/2018).

7. Napi teroris membuat bom rakitan dan meledakkannya di Mako Brimob

Npi teroris juga merampas senjata polisi. Mereka juga merebut kembali bom hasil sitaan. Selain itu para teroris juga sempat merakit bom.

“Mereka selama 40 jam melakukan penyanderaan dan mereka juga melakukan kegiatan-kegiatan perakitan bom dan sebagainya. Itu tadi yang diledakkan adalah hasil-hasil bom yang sudah berhasil dirakit,” kata Syafruddin di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/5/2018).

8. 40 napi teroris dari aliran garis keras menjadi provokator gerakan kerusuhan

Ada sekitar 40 teroris yang disebut menjadi provokator. Polisi menyebut mereka berasal dari aliran keras.

9. 156 napi teroris ditangani dengan 2 cara berbeda  

Ada dua jenis penanganan yang dilakukan polisi dalam menangani penyanderaan di Mako Brimob. Pendekatan halus dilakukan untuk 145 teroris yang menyerah tanpa syarat. Sementara serangan dilakukan untuk 11 napi tersisa yang masih bertahan.

 

Sumber : Kumparan.com

Advertisements

Posted on May 11, 2018, in Hot News and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: