Advertisements

Penyakit Berbahaya yang Mengintai Dari Sekaleng Susu kental Manis!

Baru-baru ini masyarakat digegerkan dengan SKM, susu kental manis yang ternyata tidak mengandung susu sama sekali melainkan gula.

Lah, harusnya ditulis creamer bukan SKM yak! Tapi apa daya banyak masyarakat yang udah merasa tertipu, karena menganggap SKM memiliki kandungan susu dan bergizi untuk anak-anak.

Padahal manfaat SKM sih kalo menurut mimin hanya garnis aja, biar makanan dan minuman macam es atau puding ada rasa manis-manisnya gitu. Itu pun tidak sering-sering dikonsumsi.

Setahu mimin sih di kalengnya sendiri kan sudah dituliskan jika tidak baik dikonsumsi untuk bayi dan balita.

Selain “menipu”, susu kental manis juga dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Hanya saja banyak orang tua yang kurang teliti dan menganggap SKM sama dengan susu bubuk yang dijual di pasaran.

Nah, mengonsumsi SKM secara berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas loh pada anak-anak. Hal ini disebabkan karena kadar gula yang tinggi di minuman SKM.

“Tubuh punya toleransi tertentu dan penelitian menjelaskan, konsumsi gula lebih dari 10% energi total akan berisiko penurunan sensitivitas insulin yang kemudian memicu hiperglikemia (kadar gula darah lebih tinggi dari batas normal) dan memicu risiko diabetes,” jelas Dr.Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, seorang dosen Gizi Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta.

Parahnya, Indonesia saat ini berada di urutan ke-4 dunia yang penduduknya paling banyak terkena diabetes, kata dokter Rita.

Selain diabetes dan obesitas, asupan gula secara berlebihan juga dapat merusak gigi pada anak-anak.

Mahalnya harga susu bubuk bikin masyarakat beralih pada susu kental manis alias gula. Nah, padahal ini salah besar.

Sebagai gantinya, biar mendapatkan sumber protein terbaik selain susu coba deh konsumsi ikan segar.

Ikan juga dianggap sebagai sumber protein yang lebih awet daripada susu. Kementerian Kesehatan Indonesia pun mulai menghimbau masyarakat untuk beralih mengkonsumsi ikan dibanding susu.

Ayo sebarkan informasi penting ini biar Indonesia makin sehat! Hitung-hitung dapat membebaskan anak-anak dari resiko penyakit mematikan macam diabetes dan obesitas!

 

Sumber : kompas.com

Advertisements

Posted on July 9, 2018, in Beauty & Health, Come On Share, Hot News and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: