Advertisements

Bahaya! Mampu Picu Kanker 3 Obat ini Ditarik Oleh BPOM! 

Berbahaya! BPOM RI telah menarik dan menghentikan dari pasaran, peredaran obat tekanan darah hipertensi yang biasa digunakan pasien gagal jantung. Ditariknya obat asal China ini karena mengandung zat kimia yang memicu kanker, yaitu valsartan.

Obat ini sudah ditarik secara global setelah regulator Amerika Serikat dan Eropa memperingatkan bahaya kandungan tersebut, dilansir dari Science Alert.

Sejak 5 Juli lalu, Zhejiang Huahai Pharmaceutical Company, sebagai produsen N-nitrosodimethylamine telah mendapat peringatan keras dari Food and Drug Administration/FDA Amerika Serikat.

Lewat penelitian telah dibuktikan bahwa zat valsartan sangat berbahaya bagi tubuh.

Sementara itu di Indonesia sendiri, melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, surat edaran mengenai penarikan dan penghentian produksi N-nitrosodimethylamine telah dikeluarkan dan diedarkan ke tiap daerah.

“Ya, kita juga sudah mulai melaksanakan instruksi penghentian peredaran produk ini kepada Industri Farmasi yang ada. Dalam hal ini juga sudah diinformasikan melalui tenaga kesehatan profesional melalui asosiasi seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan lain-lain. Nanti kami juga akan memonitoring dalam proses penarikannya,” ujar I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Kepala BPOM Denpasar.

Aryapatni juga menambahkan bahwa tak hanya N-nitrosodimethylamine saja yang ditarik, namun ada 2 jenis obat lain yang mengandung zat valstaran lainnya, antara lain arten Tablet (80 mg dan 160 mg) produksi dari PT. Actavis Indonesia dan Valesco Kaplet Salut Selaput (40 mg, 80 mg dan 160 mg) dari PT. Dipa Pharmalab Intersains.

Dilansir CNN, obat-obatan yang mengandung valsartan diklaim mampu mengobati tekanan darah tinggi dan gagal jantung. Sayangnya, valsartan sendiri tidak memiliki hak paten untuk dapat digunakan sebagai komponen Obat generik.

Sementara itu Food and Drug Administration/FDA Amerika Serikat menyatakan bahwa tak semua Obat gagal ginjal dan tekanan darah mengandung kandungan valsartan. FDA sendiri masih melakukan penelitian lebih lanjut pada obat-obatan yang dikonsumsi bagi penderita gagal jantung dan tekanan darah.

 

Sumber : Tribun Bali

Advertisements

Posted on July 26, 2018, in Beauty & Health, Hot News and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: