Advertisements

Ingin Jadi Pengibar bendera di Istana Negara? Nih, Intip 4 Fakta Menarik Seputar Paskibraka!

Saat upacara bendera, aksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), selalu menarik perhatian untuk disaksikan. Penampilan para anggota Paskibraka ini selalu memukau setiap tahunnya.

Nah, ada sobat yang bercita-cita untuk jadi Paskibraka di istana negara? Kalo sobat tertarik, kamu harus tahu sederet fakta menarik berikut!

1. Pencetus Paskibraka

Paskibraka pertama kali dibentuk oleh Bapak bernama Husein Mutahar. Kala itu Mutahar diminta Soekarno untuk menyelenggarakan upacara bendera di hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang pertama.

Mutahar yang saat itu memiliki beberapa pemuda untuk mengibarkan Bendera Pusaka, menyebut pasukan tersebut dengan nama Pasukan Pengerek Bendera Pusaka. Nama itu dipakai sejak tahun 1967 hingga 1972.

Barulah, pada 1973, Idik Sulaiman mencetuskan nama baru menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, yang dipakai hingga sekarang.

 

2. Formasi Paskibraka

Ada tiga kelompok pasukan dalam formasi Paskibraka.

Pertama, pasukan 17 yang terdiri dari 17 orang Paskibraka muda yang bertugas sebagai pengiring.

Kedua, pasukan 8 yang terdiri dari lima perempuan dan tiga laki-laki anggota Paskibraka serta dikawal oleh anggota ABRI atau polisi. Pasukan 8 ini merupakan pasukan inti, satu orang bertugas menjadi pembawa baki, dan satu orang lagi bertugas sebagai pengibar bendera.

Ketiga, pasukan 45 yang terdiri dari anggota ABRI atau polisi yang bertugas sebagai pengawal.

Jumlah anggota pasukan ini diambil dari Hari Kemerdekaan Indonesia, yaitu 17-8-45 atau 17 Agustus 1945.

 

3. Julukan Paskibraka

Pasukan pengibar bendera tidak hanya tampil di Istana Negara saja, tapi juga di seluruh instansi di Indonesia. Namanya juga upacara serentak setiap 17 Agustus!

Hanya saja, julukan Paskibraka cuma diberikan pada seluruh pemuda dan pemudi yang mengibarkan bendera di tingkat nasional, provinsi, dan kota.

Sedangkan kalau sobat pernah mengibarkan bendera di sekolah itu disebut paskibra saja. Sekarang paham kan bedanya Paskibra dan Paskibraka!

 

4. Seleksi Paskibraka

Buat kamu yang sudah jadi anggota Paskibra di sekolah dan ingin jadi paskibraka seperti kakak-kakak keren yang mengibarkan bendera di hadapan Presiden. Kamu harus tahu bahwa syaratnya tidaklah mudah.

Sobat harus mengikuti seleksi ketat, dari mulai tingkat kota, provinsi, sampai nasional. Kebayang kan harus melewati ribuan kandidat keren lainnya.

Selain itu, ada juga syarat lain, seperti punya tinggi badan yang cukup, nilai rapor yang baik, dan juga lolos tes kesehatan.

 

 

Sumber : Bobo.id

Advertisements

Posted on August 16, 2018, in Come On Share, Education, Hot News and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: