Advertisements

Waspada! Ratusan Akun Instagram Alami Peretasan

Sejak awal Agustus, sebuah laporan menyebutkan adanya ratusan akun Instagram yang menjadi korban peretasan.

Ratusan akun yang diretas memakai metode serupa, walau belum jelas celah keamanan seperti apa yang dimanfaatkan si peretas, kuat dugaan pelakunya juga sama, entah perorangan atau pun kelompok.

Namun ratusan korban peretasan ini mengalami hal yang relatif serupa. Mendadak sang pemilik akun log out dari ponselnya, dan ketika mereka mencoba log in kembali, data-data di akunnya itu sudah berubah. Adakah sobat Sebarkan yang jadi korban?

Data-data yang berubah itu antara lain nama akun, foto, informasi kontak, dan nomor telepon yang terdaftar pada akun tersebut.

Foto profil yang seringkali muncul pada korban peretasan ini biasanya dirubah menjadi karakter Pixar atau pun Disney, sementara alamat email yang terhubung ke akun tersebut berubah menjadi alamat email dengan domain .ru alias Rusia.

Bahkan, pada sejumlah akun, si hacker juga mematikan otentifikasi dua tahap pada akun Instagram korban. Namun selain hal yang sudah disebut di atas, tak ada hal lain yang diubah oleh si hacker, entah itu menambah foto baru ataupun menghapus foto yang sudah ada sebelumnya.

Kejadian ini mulai ramai dibicarakan pada sejumlah komplain, baik di Twitter maupun forum seperti Reddit. Instagram sendiri sampai saat ini masih belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai kejadian tersebut.

Indonesia ada yang jadi korban enggak ya?

 

Sumber : detikINET dan Mashable

Advertisements

Posted on August 16, 2018, in Hot News and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: