Advertisements

Terlihat Berbahaya! Ini 6 Fakta Menarik Seputar Stuntman di Setiap Adegan Action!

Melihat aksi Presiden Jokowi di pembukaan Asian Games 2018, pasti banyak nih yang bertanya-tanya, wah benarkah pak Jokowi bisa jumpalitan dengan moge?

Aksi stuntman Jokowi di pembukaan Asian Games 2018

Fyi : Itu sebenarnya tugas stuntman (pemeran pengganti) yang terlatih ya, guys! Tapi aksi nunggang moge pake jas itu emang keren, siapa yang setuju ama mimin?

Tapi, memang kecintaan Jokowi pada moge kan udah enggak diragukan lagi, jadi tema tersebut sepertinya dipakai untuk merepresentasikan semangat muda, yang fresh dan sporty untuk menyambut ajang pesta olahraga besar macam Asian Games! Ini sih tebakan mimin, hehe, maap kalo meleset!

Well, dibalik aksi stuntman yang memukau di setiap adegan berbahaya, entah itu di iklan, film atau apapun yang menuntut peran pengganti, kebayang enggak sih? Kalo sobat punya karier profesional yang memacu adrenalin dengan bayaran menggiurkan, seperti stuntman?

Kalo sobat tertarik? Enggak ada salahnya kamu tahu 6 fakta seputar stuntman!

1. Skill mumpuni dan wajib punya lisensi

Resiko bertaruh nyawa, mewajibkan para stuntman baik wanita atau pria harus dibekali kemampuan khusus yang telah berlisensi atau diakui.

Beberapa stuntman punya lebih dari satu keahlian, enggak cuma jago adegan berkelahi, mereka juga menguasai aksi akrobat kendaraan di udara (seperti yang ditampilkan di pembukaan Asian Games 2018), loncat jarak jauh, menunggang kuda, sampai keahlian memakai pedang.

Di negara luar seperti Inggris, para stuntman diwajibkan terdaftar dalam sebuah lembaga khusus bernama Industry Stunt Committee’s Stunt Register (JISC).

Dengan bergabung di lembaga khusus, maka para stuntmant punya jaminan legal dan ijin resmi saat bekerja.

2. Kemiripan dengan aktor Juga Berpengaruh

Tak hanya kemampuan beladiri dan bisa melakukan sederet aksi berbahaya, stuntman juga dipilih karena punya wajah dan tubuh yang mirip dengan aktor utamanya. Makin mirip, makin besar peluang sang stuntman dipekerjakan.

Biasanya dalam satu adegan, terkadang ada lebih dari satu stuntman yang mirip. Apalagi jika adegan yang dilakukan sangat berbahaya seperti adegan perang atau kebakaran, dll.

3. Siap tak terkenal

Walau sudah melakukan aksi yang menegangkan dan berbahaya, resiko para stuntman harus siap untuk tak terkenal.

Stuntman biasanya hanya dikenal oleh kru film yang mengatur jalannya syuting, walau enggak dikenal sang stuntmant dekat dengan banyak orang dibalik layar, lho.

4. Ada ajang penghargaannya

Jangan berkecil hati kalo enggak terkenal, sama seperti sang pemeran utama, stuntman juga memiliki ajang penghargaan.

Ajang tersebut bernama “The Taurus World Stunt Awards”. Ajang penghargaan ini hanya bisa diikuti oleh stuntman yang sudah punya lisensi dan terdaftar di Screen Actor Guild. Istimewa ya!

5. Bisa Jadi Aktor Utama

Walau stuntman bukan berarti tidak bisa jadi aktor utamanya. Coba lihat beberapa aktor seperti Jackie Chan dam Tom Cruise, sebelum terkenal dulunya mereka adalah seorang stuntman.

Karena punya skill yang baik dalam akting dan pemeran action sekaligus, keduanya dilirik oleh sutradara ternama untuk jadi pemeran utama. Jadi enggak heran kan kalo aksi mereka di film terlihat nyata banget!

6. Sekolah khusus stuntman

Merasa punya kemampuan? Tangguh dan kuat? Kamu bisa asah kemampuan kamu lewat sekolah stuntman.

Sekolah khusus stuntman yang paling beken itu ada di Hollywood, tempatnya mencetak film box office.

Di Amerika sekolah ini bernama Stunt Park yang telah ada 20 tahun lebih. Berbagai kelas juga ada, mulai dari kelas dasar hingga kelas profesional yang dapat lisensi khusus untuk berperan dalam film Hollywood.

Keren yak! Sobat ada yang tertarik menjadi stuntman? Kalo mumpuni siapa tahu bisa jadi aktor laga juga!

 

Sumber : Bobo.id

Advertisements

Posted on August 21, 2018, in Career, Come On Share, Hot News and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: