Advertisements

Viral Apel Berlilin, Berbahayakah? Begini Kata BPOM!

Baru-baru ini ada postingan yang ramai di Facebook mengenai penampakan buah apel berlilin. Seorang pengguna media sosial mengaku telah menemukan buah apel yang kulitnya dilapisi zat lilin. Dia juga mengklaim bahwa zat lilin itu berbahaya bagi kesehatan bahkan bisa menimbulkan kanker. Kalo sobat perhatikan udah cukup banyak pengguna Facebook yang memposting mengenai apel berlilin.

Lalu benarkah ada apel berlilin?

Nah, coba kita perhatikan saat belanja buah, baik di supermarket atau di pasar tradisional. Selalu ada buah apel yang disusun dengan rapi dan punya tampilan kulit yang mengkilap, melihatnya jadi ingin beli dan memakannya.

Benarkah kilap dari kulit buah apel itu berasal dari lilin? Begini penjelasan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Lewat akun resminya BPOM menyebut jika lilin pada apel masuk dalam bahan tambahan pangan pelapis. Penggunannya sendiri aman untuk dikonsumsi karena sudah diatur berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM Nomor 12 tahun 2013 tentang batas maksimum bahan tambahan pangan pelapis.

“Pelapis adalah bahan tambahan pangan untuk melapisi permukaan pangan sehingga memberikan efek perlindungan dan atau penampakan mengkilap,” tulis BPOM melalui Instagram resminya, pada Selasa (27/11).

Setidaknya ada lima jenis lilin yang bisa digunakan untuk pelapis pangan yaitu malam (beeswax), kandelila (candelilla wax), karnauba (carnauba wax), dan mikrokistalin (microcrystalline wax).

Jadi bukan bahan berbahaya yang bisa menimbulkan kanker ya sob. Ayo, sebarkan informasi berharga ini biar makin banyak masyarakat yang paham kondisi seputar pangan, agar tak mudah termakan hoax.

 

 

Sumber : detik.com

Advertisements

Posted on November 27, 2018, in Beauty & Health, Come On Share, Hot News, Special Section and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: