Advertisements

Faktanya AI Makin MURAH! Satu Ponsel AI Dibanderol Rp. 99 Ribu. Ayo, Analisis Dampak Dari Keberadaan AI!

 

Selamat datang di masa depan!

Halo sob, bagaimana kabarnya? Nah, sesuai judul di atas jadi ayo, kita bahas dan analisis tentang dunia teknologi di masa depan.

Sekarang ini era-nya AI (Artificial Intellegence) yang dikembangkan oleh Google.

 

Pengertian AI (Artificial Intellegence)

Lantas apa itu AI? AI sendiri adalah sistem kompleks komputer yang dirancang untuk memanipulasi suatu pekerjaan tertentu sering juga disebut dengan kecerdasan buatan. Bisa dibilang AI ini cerdas banget, bahkan kecerdasannya suka kelewatan.

Terbukti, AI bisa mengalahkan kemampuan manusia, ahlinya catur sampai permainan mahjong dari China aja lewat. Super sekali kan! Enggak usah jauh-jauh ke jaman now, dulu aja waktu komputer pertama kali punya tiap kali main game Solitare mimin enggak pernah menang, bukankah itu cikal bakal AI yang luar biasaaa..

 

Kemampuan AI

Lanjut ke AI dan adidayanya. Bicara tentang AI dan kemampuannya, kira-kira apa saja sih yang bisa dibuat atau dikerjakan oleh AI? Jawabannya BANYAK BANGET.

Robot pertanian berbasis AI, mampu membantu para petani merawat tanaman

Dilansir Liputan6.com dan Sefsed.com, mulai dari pertanian, ahli robotik, tukang ukir (ukirannya super detail loh, sob), kedokteran (bisa mendiagnosis penyakit 99% lebih akurat dibanding dokter), pemeriksa asuransi, pegawai bea cukai, operator (bisa nelpon layaknya manusia), ahli kimia, petugas ATC, penulis sajak, model dan bintang iklan (sobat bisa lihat iklan ponsel Xiaomi, kecanggihan AI juga ada pada lini adibusana sekelas Dior, bahkan peragaan busana Dior terbaru mengangkat tema tentang AI), agen perjalanan, petugas kantor pos, ahli design (mendesign logo bak pro), fotografer handal (apa yang ditangkap mata AI jauh lebih jelas dan detail dibandingkan mata manusia), pertambangan, sektor kelautan.

AI mampu menciptakan logo bak seorang designer profesional

Sementara itu dikutip Ekrut.com, Universitas Cambridge mampu mengasah AI menjadi seniman, AI mampu menciptakan musik berdasarkan suasana hati dan genre musik yang diinginkan. Hasilnya? AI setara pemusik handal, lho. Dan masih banyak kejutan lainnya dari AI.

Berbagai pekerjaan di atas dapat dengan mudah dilakukan oleh AI bahkan diklaim mampu dikerjakan lebih cepat dan sempurna dibanding dikerjakan dengan tangan manusia.

Artinya, manusia akan sangat terbantu dengan keberadaan AI, karena efektivitas makin cepat dan MURAH.

 

AI MURAH

Kemunculan Ponsel AI 

Hah, murah? Serius, kirain sepintar ini harganya selangit. Nope, murah beneran, tanpa hardware mahal AI bisa murah. Enggak percaya?

Nih buktinya, dilansir Kompas.com, Google sudah memperkenalkan feature phone murah yang sudah disusupi teknologi AI. Diperkenalkannya bukan di luar negeri tapi di Indonesia loh, dalam acara Keynote Google for Indonesia di Jakarta, Selasa (4/12/2018). Google sendiri ingin AI diperkenalkan enggak cuma di kota-kota besar aja, tapi dapat menjangkau ke seluruh wilayah di Indonesia.

Ponsel Wizphone

Dengan merek Wizphone, harga ponselnya murmer banget, cuma Rp. 99 ribu. Dan dalam waktu dekat bisa didapatkan di Alfamart.

Semurah ini? Apa yang melatarbelakangi AI jadi barang murah nan ekonomis begini?

Scott Huffman, Vice President Engineering Google Assistant yang baru-baru ini memperkenalkan ponsel AI di Jakarta menyebut, jika adanya ponsel Wizphone adalah salah bentuk proyek Google di tahun 2019. Katanya sih supaya makin banyak orang Indonesia yang melek teknologi. OK, siap bawa Wizphone ke dusun-dusun.

Wizphone saat diperkenalkan di JakartaItu sebabnya ponsel ini dibanderol dengan harga cekak, jadi tanpa spesifikasi mahal, tanpa perlu uang jutaan, sobat sudah bisa dapatkan ponsel canggih, yang penting punya cukup kuota ya biar kamu bisa terus terkoneksi sama Sebarkan.org. Jiahhh..

Loh, memangnya Indonesia ini pada gaptek? Wong, teman-teman di kampung sudah pada punya Facebook dan main Tik Tok.

Ayo, kita cek narasumber kita, menurut WeAreSocial, 48% mayoritas penduduk di Indonesia itu buta teknologi. Banyak ya, dengan populasi mencapai 265 juta jiwa, bisa dikatakan nyaris separuh penduduk Indonesia masih gagap IPTEK. Coba ingat-ingat berapa kali kita ngajarin orang tua kita biar bisa main WhatsApp dengan bener? Atau ada yang masih enggak bisa nyalain komputer sendiri sampai detik ini?

Jadi, dengan adanya Wizphone, resolusi Google untuk Asia di tahun depan yakni makin banyak orang yang paham teknologi bisa diwujudkan. Nah, semuanya dimulai di Indonesia.

Bermodal Rp. 99 ribu, kamu sudah bisa mengirim pesan tanpa perlu mengetik, memasang alarm, memutar video di YouTube, atau melakukan panggilan dengan perintah suara. Cukup dengan memerintah Google Assistant aja. Sesederhana itu.

Lewat fitur ‘Book A Ride’ dalam Wizphone pesan transportasi online seperti Go-Jek atau Grab pun makin mudah, tinggal lapor aja ke AI.

Capek baca berita sendiri? Tenang, nanti ada AI yang bacain buat kamu. Dimanjain banget kan.

Ini bukan ngiklan sob, tapi teknologi makin secanggih itu loh.

 

Dampak Adanya AI

Apakah ini hal yang baru? Big No, karena AI sesungguhnya sudah ada dimana-mana hanya saja penggunaannya masih terbatas. AI sudah muncul di sistem komputer jadul, Google dan media sosial seperti Facebook dll, fungsinya masih simpel-simpel aja, mengendalikan permainan games, mengetahui akun palsu, menandai lokasi, mencegah konten kekerasan, sekarang makin superb lagi, bisa mencegah mantan unggah foto bugil. Nah, hal simpel yang sulit kita lakukan kan, apalagi kalo masih sayang, wkwkwk.. Back to topic jangan jauh-jauh ke kubangan mantan, hihihi..

Robot Humanoid yang dapat membantu meringankan pekerjaan manusia

Lalu bagaimana dengan efesiensinya ke pekerjaan kita? Produktivitas? Jangan ditanya lagi makin mudah, makin murah, makin cepat, makin gokil, yang tak mungkin bisa jadi mungkin. Hari ini AI ada di gadget kamu, besok-besok AI mungkin bakal mudah ditemui di ruang publik. Indonesia rasa Jepang mugkin dengan kereta canggihnya, atau Indonesia rasa Korea dengan toilet super fantastisnya.

Well, kesel sama bawahan yang kerjaannya gak becus atau punya teman palsu, mungkin 5 tahun kedepan bisa digantikan AI, hihii.. becanda deng. Yang penting pacar dan pasangan hidup masih manusia kan? *Eh..

Itulah efek dari keberadaan AI, kita makin dimudahkan dalam melakukan berbagai pekerjaan sekaligus, ini sisi positif dari pemilik mobilitas tinggi dengan pekerjaan super menumpuk. Mulai dari pekerjaan rumah tangga yang melelahkan kalo dikerjakan sendiri, menjalankan mobil tanpa perlu menyetir, bisa sambil tiduran segala mobil udah terparkir manis di rumah.

Mobil tanpa supir dengan teknologi AI keluaran pabrikan Tesla

Dan mengerjakan berbagai hal sulit lainnya, contohnya bangun pagi, bisa tuh minta dibangunin AI. Karena pada dasarnya manusia enggak bisa multitasking dalam waktu bersamaan dengan durasi yang lama.

Sekarang KERJA KERAS BAGAI KUDA udah bukan zamannya, karena bekerja enggak harus keras lagi tapi jamannya kerja cerdas. Kok kayak slogan kampanye ya.

Lalu apa dampak negatifnya? Bakalan ada banyak ladang pekerjaan yang mati? Atau berkat adanya AI makin banyak pekerjaan baru yang muncul? Mengingat kemudahan teknologi, mungkin saja bakal makin banyak pengusaha kreatif? Who knows!

So, tetap kreatif dan fleksibel sob, untuk tatap masa depan lebih baik. Kamu pembaca nyebelin yang masih nawarin MLM? Besok aku ganti sama AI. :migreen:

Dukung mimin dengan like dan share-nya ya. Dan tunggu analisis lainnya. Ide dan saran, super terbuka buat kamu, iya kamu bukan AI, hehehe..

 

 

Advertisements

Posted on December 6, 2018, in Come On Share, Education, Hot News, Special Section, teknologi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: